251 Jamaah Haji Kembali ke Batusangkar, Satu Masih Dirawat di Mekah

TANAHDATAR, Bacalahnews – Bupati Eka Putra menyambut kedatangan 251 jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Sumatera Barat, di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Senin (1/7/2024).
Bupati menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas kepulangan para jamaah haji asal Tanah Datar yang tiba di kampung halaman dengan selamat.
“Semoga para jamaah menjadi haji yang mabrur dan bisa mengimplementasikan di tengah masyarakat, agar Tanah Datar selalu dijauhkan dari bencana,” ujar Eka.
Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar H. Amril menyebutkan pada 2024 jumlah jamaah haji dari Tanah Datar sebanyak 289 orang jamaah.
Dari jumlah 253 orang jamaah calon haji Tanah Datar, dimana 99 perempuan, 154 laki-laki. Namun, saat masuk asrama haji sewaktu akan berangkat, satu jamaah laki-laki meninggal dunia.
“Artinya yang berangkat hanya 252 orang. Dari jumlah itu, kembali pulang saat ini hanya 251 orang, karena ada satu orang masih di rawat di Arab Saudi. Berkemungkinan pulang dengan kloter lain,” ujar Amril.
Sedangkan, 36 orang lainnya tergabung dalam Kloter 17 dengan 15 orang laki-laki, dan 21 jamaah perempuan, yang kepulangannya akan menyusul.
“Para rombongan setiap kloter didampingi dua petugas. Jadi kami minta untuk setiap tahun kalau tidak bisa ditambah, minimal tetap bertahan dua petugas pendamping,” ujar Amril. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *