287 Kafilah Ikuti MTQ Nasional Kecamatan Sungayang di Nagari Minangkabau

TANAHDATAR – Sebanyak 287 kafilah mengikuti Musabaqah Tilawatil Al Quran (MTQ) Nasional V tingkat Kecamatan Sungayang di Nagari Minangkabau, Sabtu (26/8/2023).
“Ada sebanyak 287 kafilah dari lima nagari di Kecamatan Sungayang yang akan berlaga di tujuh cabang lomba dalam dua hari ke depan. Semoga berjalan aman, lancar dan sukses,” kata Ketua Pelaksana MTQ Nasional Kecamatan Sungayang Syafri Yunus saat acara pembukaan.
Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab , Camat, pemerintah nagari dan juga perantau serta masyarakat Sungayang.
Sementara itu, Wali Nagari Minangkabau Imhar menyampaikan terima kasih atas penunjukkan Nagari Minangkabau sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ N Tingkat Kecamatan Sungayang.
“Kepada kafilah MTQ Nagari Minangkabau jadilah tuan rumah yang baik dan mampu berprestasi sehingga bisa menjadi juara umum,” harap Imhar.
Wali Nagari juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras panitia pelaksana, dukungan donatur, perantau dan masyarakat sehingga pelaksanaan MTQ N Tingkat Kecamatan Sungayang bisa berjalan aman dan sukses.

Meningkatkan Pemahaman Al Quran
Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan keberhasilan penyelenggaraan MTQ yang dilaksanakan sekali dalam dua tahun menjadi indikator keberhasilan pembangunan di bidang keagamaan.
“Kegiatan MTQ ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat, gairah dan motivasi dalam mempelajari dan mengamalkan Al Quran, terutama bagi generasi muda Tanah Datar,” tutur Eka.
Bupati menyebut MTQ juga sejalan dengan program unggulan Pemkab Tanah Datar Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah yang terus digiatkan untuk dilaksanakan di Tanah Datar.
MTQ sebagai wadah memotivasi anak-anak mempelajari Al Quran dimana dengan hafal Al Quran, dengan pengamalan yang sesuai dari kandungannya, maka akan mampu menjadi benteng dalam kehidupan sehari-hari dan terhindar dari perbuatan negatif seperti pergaulan bebas, LGBT, Narkoba dan lain-lain ,” ucap Eka.
Ketika hal itu mampu diwujudkan, tentunya ke depan 20 tahun mendatang setengah atau lebih masyarakat Tanah Datar adalah penghafal Al Quran.
Bupati berharap masyarakat Tanah Datar mendukung dan mendoakan kafilah Tanah Datar tidak lama lagi akan berlaga di MTQ N Tingkat Provinsi yang ke-40 di Kabupaten Solok Selatan. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *