5.000 Peserta Ikuti Kegiatan Jalan Sehat Sambut HUT PMI ke-78 di Bukittinggi

BUKITTINGGI — Sedikitnya, kurang lebih 5.000 peserta mengikuti kegiatan jalan sehat digagas PMI Kota Bukittinggi pada peringatan HUT PMI ke-78.

Acara jalan sehat, dan juga kegiatan donor darah massal serta pembagian ratusan door prize yaitu tiga sepeda, dan ratusan hadiah menarik lainnya, digelar di Lapangan Kantin, Kota Bukittinggi, Minggu (17/9/2023).

Di rangkaian acara HUT PMI ke-78, ini lah merupakan perayaan HUT PMI termeriah di Kota Bukittinggi, dan hanya terjadi sejak PMI Bukittinggi dipimpin, H. Chairunnas.

Pasalnya, Lapangan Kantin, Kota Bukittinggi sebagai pusat kegiatan perayaan HUT PMI ke-78, tampak terlihat dibanjiri ribuan orang dari Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar sebagai Pelindung PMI Bukittinggi, dari jajaran ASN di pemerintahan kota Bukittinggi, seperti Sekretaris Daerah (Sekda), Martias Wanto ikut meriahkan HUT PMI ke-78, dengan jadi peserta jalan sehat.

Wako Erman Safar usai melepas acara jalan sehat, berharap peserta mengikuti jalan sehat untuk dapat mendatangi posko pengambilan darah telah disediakan PMI, guna ikut sebagai pendonor.

Kata Wako Erman, kegiatan digelar PMI Bukittinggi di HUT PMI ke-78 ini, sejalan dengan cita-cita PMI untuk mewujudkan kesehatan dan membantu kebutuhan darah di Bukittinggi.

“Di HUT ke-78 PMI, pemerintah kota Bukittinggi mengajak seluruh warga untuk mendonorkan darah untuk kebutuhan darah di kota Bukittinggi,” harapannya.

Erman di kesempatan tersebut mengucapkan selamat ulang tahun PMI ke-78, yang mengangkat tema “Pelayanan Melayani Dengan Hati” sangat sesuai dengan visi dan misi dan cara pemerintahan melayani rakyat selama ini di Bukittinggi.

Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Aristo Munandar, menyampaikan terimakasih atas PMI Bukittinggi telah melakukan kegiatan sosial kemanusiaan, seperti mengumpulkan darah untuk dipergunakan bagi masyarakat membutuhkan.

Ketua PMI Kota Bukittinggi, Chairunnas, mengatakan, kegiatan ini bagian untuk mengetahui seberapa banyak atau mengukur kecintaan masyarakat kepada PMI.

Disampaikan Chairunnas, kegiatan jalan sehat diikuti sekitar 5.000 perserta, karena dilihat dari 7.000 kupon jalan sehat disebar ke masyarakat, habis 5.000 kupon lebih.

“PMI Bukittinggi kedepannya akan menambah instrumen kegiatan, tidak saja sebagai pendonor darah juga pemanfaatan mobil ambulans dan bantuan PMI terkait adanya hewan liar masuk ke rumah warga,” paparnya.

Chairunnas menegaskan, dirinya menargetkan bagaimana mem-PMI-kan masyarakat Bukittinggi, dengan rutin menggelar pelatihan terkait kerja PMI Kota Bukittinggi.

“Untuk pelatihan rescue mengenai kerja PMI sebagai lembaga sosial masyarakat, dilakukan rutin agar masyarakat bisa dan paham serta dapat melakukan tindakan sesuai prosedur pertolongan yang akan dilakukan ke warga yang membutuhkan,” paparnya.

Ia menargetkan, di kegiatan donor darah di HUT PMI ke-78, sebanyak 100 kantong darah didapatkan di kegiatan tersebut.

“Untuk diketahui, PMI merupakan lembaga bergerak di bidang sosial dan peduli masyarakat. Sebagai anggota PMI tidak sepeserpun menerima honorarium, melainkan bekerja dengan tulus dan iklas tanpa pamrih,” tegasnya.

Pada acara HUT PMI ke-78 ini juga dilakukan penyerahan piagam langsung oleh Wali Kota Bukttinggi, Erman Safar kepada masyarakat yang rutin mendonorkan darahnya, misalnya bagi pendonor 10, 15, dan 25 kali dalam mendonorkan darahnya. (dyt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *