55 CJH Ikuti Pengukuran Tes Kebugaran Kesehatan

PADANG PANJANG — Sebanyak 55 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Padang Panjang gelombang kedua melakukan Pengukuran Tes Kebugaran Kesehatan, di GOR Bancah Laweh, Rabu (3/5/2023).

Pengukuran ini merupakan syarat untuk memenuhi Istita’ah keberangkatan CJH. Dengan didampingi tenaga kesehatan haji kloter yang langsung direkrut Kementerian Kesehatan sebanyak dua orang.

Subkor Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes), Yulia Desmon, SKM, M.Cio menyampaikan kepada Kominfo, tes kebugaran ini diikuti 50 CJH yang pelunasan tahun ini, empat orang gelombang satu dan satu CJH dari Kabupaten Tanah Datar yang ikut melakukan tes kebugaran di Kota Padang Panjang.

“Pemeriksaan ini di antaranya kita memeriksa tekanan darah, lalu pemeriksaan riwayat-riwayat penyakit sebelumnya. Selanjutnya jika dinyatakan layak untuk mengikuti kebugaran, maka dilanjutkan dengan peregangan otot,” ujarnya.

Usai melaksanakan peregangan otot, CJH melakukan jalan cepat bagi yang mampu sebanyak 1.600 meter atau 12 kali putaran GOR Bancah Laweh. Dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh dua tenaga kesehatan haji kloter.

“Tahapan terakhir sebelum keberangkatan yaitu melakukan vaksin meningitis. Ini akan kita lakukan besok (Kamis, 4/5) di Puskesmas Gunung, pukul 07.30 WIB. Kami imbau kepada CJH yang belum untuk datang melakukan vaksin Meningitis,” ungkapnya lagi.

Keberangkatan CJH untuk kloter pertama Kota Padang Panjang diperkirakan pada tanggal 22-25 Mei mendatang. (rls/pdp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *