Goro Save Maninjau, Pemkab Agam bersama Warga Bersihkan Eceng Gondok.

AGAM — Pemerintah Kabupaten Agam bersama warga Jorong Rambai, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya lakukan gotong royong pengangkatan eceng gondok di Taman Talao, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan diawali dengan apel teknis yang dipimpin oleh Kabid Pemulihan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA) Zul Efendi S Hut dan Camat Tanjung Raya, Roza Syafdefianti, S STP MSc dan memberikan arahan sebelum melakukan gotong royong.

Ini merupakan kegiatan ketiga goro save maninjau yang dilakukan Pemkab Agam bersama warga, dimana sebelumnya dilaksanakan di Tapian Aweh Koto Kaciak, dan Muaro Suak Koto Gadang Anam Koto.

Camat Tanjung Raya, Roza Syafdefianti menyampaikan kegiatan pembersihan Danau Maninjau merupakan salah satu upaya pelestarian danau dari gulma dan sampah-sampah yang ada.

“Kegiatan pembersihan ini dilakukan oleh satgas Danau Maninjau yang anggarannya ada di Kecamatan serta di Lingkungan Hidup berupa goro bersama yang sudah dilaksanakan tiga kali,” ungkap Roza.

Ia melanjutkan pembersihan melibatkan beberapa OPD dan stake holder terkait, satgas Danau Maninjau, Kecamatan, Pemerintah Nagari serta masyarakat di sekitar lokasi dan Nagari Koto Malintang.

Dari sampah gulma berupa eceng gondok tersebut, Camat Tanjung Raya menambahkan nantinya akan diolah menjadi kerajinan oleh ibu-ibu komunitas Salingka Danau Maninjau (Sadama) berupa kotak tisu, sarung botol minum dan lain sebagainya.

“Gulma tersebut dimanfaatkan oleh kelompok Sadama dijadikan kerajinan Eceng Gondok yang dilatih melalui CSR PLN dan Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar,” tambahnya.

Selain itu, eceng gondok yang diangkat ke permukaan juga diolah menjadi pupuk organik oleh kelompok lansano pintar dari Nagari Duo Koto. (nto/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *