87 Unit Sarana Perdagangan Terdampak Galodo, Kerugian Mencapai Rp2 Miliar

TANAHDATAR, Bacalahnews – Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Pemkab mendata sebanyak 87 unit sarana perdagangan mengalami kerusakan bahkan hancur dan hanyut diterjang banjir lahar dingin dan galodo yang melanda Kabupaten Tanah Datar.
“Tim verifikasi internal Dinas KUKMP melakukan verifikasi lapangan dan penyusunan data dampak bencana berfokus pada sarana perdagangan di seluruh daerah terdampak di Tanah Datar,” kata Kepala Dinas KUKMP Tanah Datar Hendra Setyawan di Batusangkar, Selasa (28/5/2024).
Hendra menyebut 87 sarana perdagangan terdampak tersebut dengan kondisi rusak ringan sebanyak 38 unit, rusak sedang 15 unit, rusak berat 10 unit dan hilang 24 unit yang tersebar di 20 jorong di 4 kecamatan di Tanah Datar.
“Total kerugian untuk kerusakan sarana perdagangan diperkirakan mencapai R2 miliar. Adapun Kecamatan yang terdampak bencana paling banyak adalah Kecamatan X Koto dan Limo Kaum. Sarana perdagangan yang paling banyak mengalami kerusakan adalah berbentuk kedai/warung yang menjual barang harian,” tutur Hendra.
Ia menyampaikan data tersebut selanjutnya akan dikirim ke Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sebagai bahan pertimbangan dalam membentuk kebijakan.
“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dalam mengumpulkan data yang akurat sebagai bahan analisa dan pertimbangan lebih lanjut,” tutur Hendra. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *