Air Riol Sering Meluap, Warga Ekor Lubuk Sampaikan Aspirasi ke Wako Fadly Amran

PADANG PANJANG — Ketika intensitas hujan tinggi, debit air pada riol di Jalan Syekh Ibrahim Musa, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) sering tinggi dan meluap hingga menggenangi jalan.

Mendapat informasi itu, Wali Kota, H. Fadly Amran meninjau langsung kondisi tersebut, Sabtu (18/3/2023). Ia melihat, di dalam riol terdapat tumpukan sambungan pipa dari mata air yang dialirkan ke sejumlah rumah warga. Di samping itu, terjadi pendangkalan akibat sedimentasi. Hal ini disinyalir sebagai penyebab terjadinya luapan air.

Saat berdialog dengan warga, Wako Fadly menerima sejumlah aspirasi agar dibuatkan bak khusus, sebagai pusat menampung air bersih dari mata air. Air yang ditampung di situ, kemudian dialirkan ke rumah rumah warga. Tidak dibolehkan ada pipa di dalam riol. Cukup dialirkan dari bak utama.

Kemudian, selain pengerukan riol akibat pendangkalan, di antara warga ada yang mengusulkan pengalihan aliran air sebagai solusi debit air tinggi. “Dibuatkan jalur belokan yang mengalihkan air,” kata salah seorang warga saat berbincang dengannya.

Fadly saat berdiskusi mengatakan, bakal meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mencek kondisi lapangan.

“Saya akan meminta Dinas PUPR melakukan cek terhadap kondisi ini. Kita akan carikan solusi terbaik,” sebutnya. (rls/pdp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *