Alek Pacu Jawi di Nagari Sawah Tangah Pariangan Ditutup

TANAHDATAR, bacalahnews – Bupati Eka Putra menutup di Sawah Banda Bawah, Jorong Monas, Nagari Sawah Tangah, Kecamatan Pariangan, Sabtu (3/2/2024).
Bupati menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas terlaksananya event anak nagari dengan aman, lancar dan meriah yang banyak dikunjungi masyarakat.
“Ini merupakan event wisata di awal 2024. Masyarakat antusias menyaksikannya, bahkan juga dikunjungi wisatawan mancanegara,” tutur Eka.
Bupati menyebut alek pacu jawi merupakan event wisata di Tanah Datar yang sudah menjadi tontonan dan kunjungan wisata domestik dan luar negeri yang dilaksanakan konsisten setiap hari Sabtu.
“Kegiatan pacu Jawi ini merupakan salah satu olahraga budaya tradisi yang masih ada dan menjadi program unggulan kami di Kabupaten Tanah Datar,” ucap Eka.
Ketua PORWI Tanah Datar A. Dt. Indomo menyampaikan untuk event alek pacu Jawi di awal 2024 sudah ditutup dan akan dilaksanakan kembali usai bulan Ramadhan yang akan dilanjutkan sesuai giliran usai Kecamatan Pariangan, Kecamatan Lima Kaum, Kecamatan Sungai Tarab, Kecamatan Rambatan dan kembali ke kecamatan Pariangan.
Selain itu, salah satu tujuannya adalah membangkitkan budaya dan adat lama untuk dilaksanakan kembali, dan alek pacu Jawi di Sawah Bawah ini sangat di minati oleh pecandu pacu. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *