BM PAN Sumbar Dukung Hendrizal Jadi Wabup Agam

AGAM — Mundurnya Wakil Bupati Agam Irwan Fikri tentu mengagetkan semua pihak, utamanya masyarakat Kabupaten Agam Sumatera Barat, sebab mundurnya irwan fikri sebagai Wakil Bupati Agam terkesan mendadak dan tanpa ada sinyal apapun sebelumnya.

Walaupun pada akhirnya beberapa waktu lalu Irwan Fikri menyampaikan alasan kemundurannya karena tidak ada kecocokannya dengan Andri Warman (AWR) Bupati Agam (sekarang,red).

“Tentu kita sangat memahami suasana kebatinan masyarakat Agam yang di tinggalkan oleh wabup nya di tengah jalan, namun terlepas dari alasan apapun tentu kita menghormati keputusan yang dibuat oleh Irwan Fikri,” kata Satria Caniago ketua DPW BMPAN Sumbar, Jum’at (26/ 5/2023).

Surat mundurnya Irwan Fikri sudah di layangkan ke DPRD Kabupaten Agam dan akan segera di proses secepatnya, artinya terjadi kehancuran posisi wabup di Kabupaten Agam.

“Maka BM PAN Sumbar mengusulkan kepada DPW PAN sumbar nama saudaraku Hendrizal merupakan kader terbaik. Kekosongan jabatan tersebut tentunya harus segera di isi agar program keberlanjutan pemerintahan terus berjalan dan wabup punya peran penting terkait hal tersebut,” ujar Satria.

Ia menjelaskan BM PAN sumbar mengusulkan saudaraku Hendrizal untuk mengisi habis masa jabatan wabup tersebut karena sudah teruji di kabupaten agam mengundurkan diri 2 periode sebagai anggota DPRD kabupaten agam.

Untuk diketahui Hendrizal saat ini masih berstatus anggota DPRD kabupaten Agam, ia juga selaku Sekretaris Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Agam.

 

Sementara itu terpisah dari Sekretaris BMPAN Sumbar Jakarta Muhammad ridha via WhatsApp (WA) menambahkan, dengan kata lain dalam spirit desentralisasi politik di atas persoalannya bukan “siapa” mampu memainkan “loby atas” untuk mengisi kursi kosong Wakil Bupati, apalagi tidak dipilih langsung oleh rakyat .

“Akan tetapi juga harus menimbang representasi sosial, taman batas kearifan lokal, kepatutan publik dan urgensi maslahatnya, minimal membantu penguatan hubungan politik antara Bupati dan DPRD,” pungkasnya. (alx)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *