BNPB Bantu Korban Bencana Alam di Tanah Datar

TANAHDATAR, Bacalahnews – Bupati Eka Putra menerima bantuan dari Pusat terkait bencana yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Tanah Datar, Minggu (14/4/2024) di Gedung Indojolito Batusangkar.
Diketahui, akibat curah hujan tinggi di beberapa minggu terakhir, Kabupaten Tanah Datar dikepung bencana seperti banjir lahar dingin erupsi gunung api Marapi, banjir bandang, tanah longsor, jembatan putus dan jalan terban sehingga mengakibatkan kerugian bagi pemda dan masyarakat.
Oleh sebab itu, Kabupaten Tanah Datar kembali mendapatkan bantuan dari BNPB Pusat baik itu Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp250 juta dan juga ada beberapa bantuan logistik dan peralatan dukungan darurat, seperti paket sembako, makanan siap saji, selimut, tenda, genset, pompa apung dan lain-lain.
Bupati menyampaikan bantuan itu sangat dibutuhkan dan sangat membantu masyarakat yang terdampak, direncanakan bantuan ini akan segera didistribusikan.
“Awalnya kita meminta bantuan logistik dan peralatan dukungan darurat, dan semua yang kita minta dikabulkan oleh BNPB Pusat, malahan kita mendapatkan bantuan DSP sebesar Rp250 juta,” ucap Eka.
Bupati menyampaikan terima kasih kepada OPD yang tidak kenal libur namun tetap cepat tanggap dengan kondisi yang terjadi di lapangan.
Direncanakan Tim BNPB Pusat akan melakukan survei kebeberapa lokasi yang dirasa sangat urgent kondisinya, pemantauan lokasi akan dilaksanakan pada Senin (15/4/2024). (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *