Bukittinggi Peringati Hari Pahlawan Nasional ke 78 dan Hari Kesehatan Nasional ke 59

BUKITTINGGI — Pemko Bukittinggi gelar upacara bendera dalam rangka Hari Pahlawan ke 78 tahun 2023 dan Hari Kesehatan Nasional ke 59.

Upacara dilaksanakan di Halaman Balaikota Bukittinggi, Jumat (10/11/2023), Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi bertidak selaku inspektur upacaranya.

Marfendi dalam amanatnya menyampaikan bahwa, tema Hari Pahlawan 2023 tahun ini  “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Tema Hari Pahlawan Nasional  ke 78 ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Ini merupakan pasar yang besar yang dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” paparnya.

Wawako menambahkan, ini merupakan tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

Pada hari ini, Wawako juga menyampaikan, amanat Kesehatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 59 dengan Tema yang diangkat adalah “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

“Tema ini dipilih untuk menggambarkan bagaimana keberhasilan transformasi kesehatan yang di lakukan oleh kementerian kesehatan yang berkolaborasi dan melibatkan berbagai pihak terkait yang bertujuan meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat agar bisa lebih produktif,” ungkapnya.

“Sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian yang akan menjadikan Indonesia menjadi lebih maju,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Wawako juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan lndonesia.

Setelah melaksanakan upacara bendera, peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2023 dan Hari Kesehatan Nasional ke 59  ini, dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti. (dyt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *