Dalam 40 Hari, 740 UMKM Manfaatkan Rp6,8 Miliar Tabungan Utsman

Pinjaman Tanpa Bunga dan Jaminan

BUKITTINGGI — Program Tabungan Utsman yang diiniasi Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, terus mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Sejak pembiayaan pertama di tahun 2023, sudah 740 nasabah yang telah memanfaatkan program ini.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, Pemerintah Kota Bukittinggi bersama Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Jam Gadang (Perseroda), terus berupaya membangkitkan perekonomian masyarakat. Salah satunya melalui program Tabungan Utsman, pembiayaan tanpa bunga, tanpa agunan.

“Dengan program Tabungan Utsman ini, masyarakat dapat memanfaatkan pembiayaan secara syariah. Tidak ada bunga dan agunan. Nasabah hanya membayar atau mencicil pinjaman pokok saja, dengan sistem menabung,” jelas Erman.

Sejak pembiayaan perdana di tahun 2023, tanggal 20 Januari 2023 lalu, perkembangan realisasi program Tabungan Utsman hingga 3 Maret 2023, atau dalam waktu 40 hari, mencapai Rp 6,8 miliar. Jumlah itu merupakan jumlah total pembiayaan yang bervariasi dari 740 nasabah.

“Alhamdulillah, program ini benar benar bermanfaat bagi warga. Kita targetkan tahun 2023, Tabungan Utsman dapat dimanfaatkan untuk 3000 UMKM Kota Bukittinggi. Pemko sudah anggarkan Rp 2,5 miliar untuk itu dan akan menambah Rp 500 juta lagi. Semoga berkah dan bisa membantu warga kita untuk berusaha, meningkatkan perekonomian mereka dan yang paling utama, bebas dari jeratan rentenir,” ujar Wako.

Dari data BPRS Jam Gadang, Tabungan Utsman telah dimanfaatkan oleh 2469 nasabah. Data itu dicatat dari awal launching Tabungan Utsman pada Maret 2022 lalu hingga 3 Maret 2023, dengan realisasi dana sebesar Rp 19,3 miliar lebih. (dyt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *