DPC PJS Beltim Dilantik, Ini Penegasan Ketum dan Bupati

BELITUNG TIMUR – Ketua Umum Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Mahmud Marhaba melantik dan mengambil sumpah Dewan Pengurus Cabang PJS Kabupaten Belitung Timur yang dibawah kepemimpinan Irwansyah sebagai Ketua DPC periode 2023-2028.

Pelantikan yang berlangsung di Auditorium Zahari MZ Komplek Perkantoran Pemerintah Terpadu, Rabu (22/03/2023), ini disaksikan oleh Bupati Beltim Burhanudin, Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, Wakapolres Beltim Kompol Poltak, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Beltim Bayu Priyambodo, Ketua DPD PJS Rikky Fermana serta undangan.

Pelantikan ditandai dengan pengucapan Janji Setia PJS yang dilanjutkan dengan penyerahan Pataka PJS dari Ketua DPD PJS Provinsi Babel kepada Ketua PJS Kabupaten Beltim Irwansyah.

Ketua Umum PJS Mahmud Marhaba dalam sambutannya mengatakan kehadiran PJS mampu menciptakan kolaborasi yang baik dengan pemerintah daerah. Disamping itu, wartawan yang berada di bawah organisasi PJS harus paham dengan fungsi dan mampu menjalankan tugas sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Kalau anggota PJS diprotes orang karena pemberitaan yang sudah sesuai dengan kaidah jurnalistik, saya siap pasang badan. Namun kalau dia bermasalah pribadinya karena melakukan pemerasan, narkoba atau tindak pidana lainnya saya angkat tangan,” tegas Mahmud.

Untuk itu dalam waktu dekat DPC PJS Kabupaten Beltim diharapkan dapat menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sehingga tidak ada lagi diskriminasi yang terjadi ditengah-tengah sesame pekerja pers dengan label sebagai wartawan bodrex dan wartawan abal-abal.

“Uji Kompetesi itu harga mati, wajib diikuti oleh semua anggota PJS. Bahkan wartawan yang selama ini sulit ikut UKW, InsyaAllah dengan PJS bisa bersama-sama ikut. Ini maksudnya agar ada kesetaraan diantara sesama wartawan,” tegas Mahmud yang juga merupakan penguji UKW dari Lembaga Penguji UPN Veteran Yogyakarta itu.

Tak ketinggalan Rikky Fermana Ketua DPD PJS Babel, yang melantik DPC PJS Beltim, mengatakan dalam sesi seremonial acara tersebut, agar Irwansyah selaku Ketua DPC PJS Beltim, mengajak para pengurus, anggota dan pembina lainnya agar mengibarkan Pataka PJS di seluruh Pelosok Beltim, sebagai bagian tujuan PJS untuk mengajak serta masyarakat dalam ber-interaksi seputar informasi yang ada di Beltim secara Siber.

Sementara itu Bupati Beltim, Burhanudin berharap wartawan terutama di Kabupaten Beltim punya kompetensi dan profesional, bukan hanya sekedar menulis berita, namun ada hal yang dipertanggungjawabkan dari hasil tulisan tersebut.

“Wartawan itu harus selalu mengkonfirmasi, jangan satu sisi saja. Terus juga harus hadir dalam liputan, jangan hanya sekedar merubah judul dan mengutip tulisan orang lain,” ujar Burhanudin.

Untuk itu Bupati Beltim sangat menyambut baik rencana UKW untuk wartawan di Kabupaten Beltim. Bahkan Bupati Beltim akan membantu penganggaran untuk pelaksanaan UKW bagi para Wartawan diwilayahnya.

“Silahkan, wartawan khan punya organisasi ajukan lewat hibah. Nanti kita bantu sehingga dapat dipertanggungjawabkan,” kata Aan sapaan akrab Burhanudin. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *