DPC PJS Kabupaten PALI Resmi Terbentuk, Ini Terobosan Akan Dibangun

SUMSEL – Setelah beberapa bendera organisasi wartawan berkibar di Bumi Serepat Serasan, tepat tanggal 14 Juni 2023 kemarin, hadir lagi sebuah organisasi profesi pers bernama Pemerhati Jurnalis Siber atau yang lebih dikenal dengan nama PJS itu, menjadi wadah tepat bernaungnta para kuli tinta di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan.

Dipercayakan untuk menahkodai DPC PJS Kabupaten PALI Eddi Saputra,yang kini sebagai wartawan media saranainformasi.com. Dirinya juga pernah menjabat sebagai Sekretaris DPC AWDI Kabupaten PALI priode 2021-2023. Sementara itu, jabatan DPC PJS Kabupaten PALI, dipercayakan kepada Yupantri dan Bendahara DPC dipegang Jemi Karter.

Dijajran lainnya, sejumlah nama masuk dalam pengurus inti diantaranya Edi Arman sebagai Wakil Sekretaris, Lesmi Pirawati sebagai Wakil Bendahara. Sejumlah Devisi pun langsung dibentuk dengan menunjuk Riyan Aswari, S.I.Kom sebagai Kepala Devisi Organisasi, Hendro Saputra, SH, sebagai Kepala Devisi Hukum. Untuk Devisi Pendidikan dan Pengembangan SDW dipercayakan kepada Hengky Yohanes dan untuk Devisi Hubungan antar Lembaga dipercayakan kepada Sarinah.

Namun demikian, komposisi masih akan berkembang dengan memberikan kesempatan kepada para wartawan lainnya bergabung di PJS ini.

“Kami masih membuka ruang kepada para kuli tinta yang berniat gabung dengan DPC PJS,” ungkap Eddi Saputra, Kamis (15/06/2023) sambil mengharapkan bantuan moril dari para senior yang ada di bumi serepat serasan. Eddi mengakui jika dari sisi pengalaman dibidang jurnalistik masih sangat minim.

Dari sisi pengalaman di dunia jurnalis dan organisasi, Eddi mengakui masih butuh bimbingan dan arahan dari para senior, terutama dari para jurnalis yang ada di kabupaten Pali.

“Terlebih dahulu saya ucapkan terimakasih atas kepercayaan Ketua Umum DPP PJS dan Ketua DPD PJS Sumsel atas kepercayaan ini. Dari segi pengalaman saya sadar masih sangat minim, saya berharap kepada para senior untuk selalu membimbing kami dari PJS agar bisa berjalan sesuai tujuan dan visi organisasi,” harap Eddi.

Setara dengan yang lain

Terkait dengan tujuan PJS di PALI, Eddi mengatakan jika pihaknya menyesuaikan dengan tujuan dan visi PJS secara nasional. Ditegaskan Eddi, PJS hadir untuk menghimpun para wartawan media siber yang belum bergabung dengan organisasi sejenis untuk dididik dan dilatih menjadi wartawan kompeten dan professional. Dengan demikian, setiap wartawan wajib mengikuti Uji Komptensi Wartawan (UKW) sehingga menjadi kompeten dan dapat disejejarkan dengan wartawan lainnya.

Olehnya, setiap pengurus dan anggota PJS termasuk di PALI tunduk dan akan menjalanakn setiap program sesuai dengan visi PJS yakni terwujudnya wartawan berintegritas, kompeten dan professional.

“Oleh karena itu, untuk mewujudkan tujuan dan visi PJS di PALI, Insyaallah Nopember 2023 mendatang pengurus DPC PALI akan menyelenggarakan UKW dengan pelaksana dari lembaga uji UKW yang direkomedasikan oleh Dewan Pers,” tegas Eddi Saputra.

Ketua DPD PJS Sumsel, Rino Triyono membenarkan jika di Kabupaten PALI sudah resmi terbentuk DPC PJS. Dia berharap PJS dapat diterima oleh masyarakat PALI dan dapat berdiri sejajar dengan organisasi profesi lainnya yang sudah ada lebih awal, terlebih dapat menjalin kemitraan dengan pemerintah, TNI dan Polri juga masyarakat Pali.

“Saya sangat bangga dengan terbentuknya DPC PJS di Kabupaten PALI, karena ini merupakan tempat kelahiran saya di Pendopo. Harapan saya PJS di PALI akan memberikan warna pada kehidupan jurnalis serta mengembalikan marwahnya dengan menciptakan jurnalis yang berintegritas, kompeten dan professional,” ungkap Ketua DPD PJS Sumsel yang memiliki nama lengkap Rino Triyono.S.Kom.C.IJ. putra kelahiran Talang Subur Kecamatan Talang Ubi PALI ini. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *