DPRD Tanah Datar Sampaikan 22 Rekomendasi Atas LKPj Bupati 2022

menyampaikan sebanyak 22 poin atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tahun 2022 dalam Rapat Paripurna Dewan di Ruang Sidang Utama, Selasa (4/4/2023).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Rony Mulyadi Datuk Bungsu didampingi Wakil Ketua Anton Yondra dan Saidani, dihadiri 26 anggota Dewan, Wakil Bupati Richi Aprian, Forkopimda, Sekwan Yuhardi, Sekda Iqbal Ramadi Payana, para Asisten, Staf Ahli dan pimpinan OPD, Camat dan Wali Nagari.

“Berdasarkan nota tahun 2022 yang serahkan pada 10 Maret 2023, DPRD Tanah Datar melaksanakan pembahasan dengan mitra dan turun langsung ke masyarakat, dan pada hari ini disampaikan 22 rekomendasi,” kata Mulyadi.

Rekomendasi DPRD tersebut dibacakan Wakil Ketua Saidani merupakan laporan hasil kesepakatan bersama anggota DPRD Tanah Datar.

Saidani menyampaikan 22 rekomendasi berdasarkan LKPj Bupati diantaranya pemerintah daerah diminta melakukan pengawasan secara maksimal terhadap kegiatan pembangunan di nagari agar hasil kegiatan tersebut mencapai hasil maksimal.

Selanjutnya, dengan telah ditetapkannya Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 7 tahun 2018 tentang Nagari. Kabupaten Tanah Datar sebagai Pusat sejarah lahirnya Minangkabau yang dikenal dengan Pusek Jalo Pumpunan Ikan, maka pemerintah daerah diminta membentuk panitia masyarakat hukum adat sesuai dengan Permendagri Nomor 52 Tahun 2014 Pasal 3 tentang pedoman pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat.

Selanjutnya, dalam melaksanakan beberapa program unggulan daerah oleh OPD yang terkait, untuk lebih maksimal dan profesional lagi, agar benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dalam LKPj setelah dilakukan evaluasi dan investigasi ke lapangan, dalam melaksakan program OPD terkait untuk lebih intens lagi berkomunikasi dengan masyarakat.

Di akhir rekomendasi DPRD, Saidani memberikan apresiasi dan terima kasih atas prestasi yang diraih Pemkab Tanah Datar mulai dari tingkat daerah sampai pusat.

Wabup : Program Sudah Maksimal

Wakil Bupati Richi Aprian menyampaikan pelaksanaan program dan kegiatan pada 2022, telah diusahakan untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya, bagi kepentingan segenap lapisan masyarakat Kabupaten Tanah Datar.


“Keberhasilan yang kita capai, merupakan hasil kerjasama kita semua antara pemerintah daerah dan DPRD, dengan dukungan forum koordinasi pimpinan di daerah dan stakeholders lainnya,” ucap Richi.

Ia menyebut pimpinan daerah tiada henti-hentinya mengimbau kepada seluruh OPD untuk senantiasa meningkatkan kinerja dengan tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugas demi kemajuan Tanah Datar. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *