Empat Ruas Jalan Provinsi Menuju Batusangkar Diperbaiki

TANAHDATAR, Bacalahnews – Sejumlah ruas jalan provinsi di Kabupaten yang sering dikeluhkan pengendara yang melintas karena kondisi jalan rusak akhirnya diperbaiki.
Terdapat empat ruas jalan yang tengah diperbaiki meliputi ruas Jalan Ombilin-Batusangkar dengan anggaran Rp7 miliar, ruas Jalan Baso-Batusangkar, ruas jalan Kubu Kerambil-Batusangkar, dan Payakumbuh-Setangkai yang masing-masing dianggarkan Rp1 miliar.
“Keempat ruas jalan itu dilakukan perawatan atau patching dan ditargetkan siap pengerjaannya jelang Hari Raya Idul Fitri,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Tanah Datar Ten Feri di Batusangkar, Kamis (21/3/2024).
Ten Feri menjelaskan khusus untuk Jalan Ombilin-Batusangkar dianggarkan lebih besar karena bukan patching melainkan ada yang diaspal baru dengan panjang bervariasi.
Yakni ada yang diaspal 200 meter, dan ada yang 100 meter dan juga penambalan jalan-jalan yang berlubang.
“Keempat ruas jalan itu telah mulai pengerjaannya sejak awal Ramadhan lalu dengan berangsur-angsur dan ditargetkan selesai jelang akhir Ramadhan nanti,” kata Dia.
Selain itu, kata Ten Feri, Pemkab Tanah Datar juga tengah mengusulkan beberapa ruas jalan untuk diperbaiki melalui dana Inpres.
Ruas jalan tersebut diantaranya jalan Lubuk Mata Kucing ke Singgalang dan tembus ke Pandai Sikek, ruas jalan Sikaladi (Pariangan) ke Pakan Rabaa (Sabu), dan satu perbaikan jembatan di Nagari Lubuk Jantan, Lintau Buo Utara.
Selain perbaikan jalan dan jembatan, pada tahun ini pihaknya juga melakukan rehab jaringan irigasi di beberapa nagari di Tanah Datar.
“Diantara irigasi di Nagari Bungo Tanjung dan Batu Taba, Kecamatan Batipuh, di Parambahan Kecamatan Lima Kaum, dua titik di Kecamatan Rambatan, dan di Kecamatan Tanjung Emas,” kata dia. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *