Fakultas Ekonomi dan Bisnis Gelar Diskusi Kebangsaan

PADANG — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tamansiswa Padang gelar diskusi kebangsaan dengan tema “Anak Muda Sumbar Menuju Senayan”.

Acara dilaksanakan di Aula Prof. Dr. Haryono Suyono Unitas tersebut berlangsung dengan sukses, Jumat (15/12/2023).

Diskusi menghadirkan pembicara H. Dean Asli Chaidir, SIP, Ibrahim Irwan Prayitno, ST, Erick Hariyona dan Mevrizal, SH., MH.

Hadir juga diacara tersebut Rektor Universitas Tamansiswa Padang Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS, Dekan Fakultas Ekonomi Yuni Candra, SE., MM serta jajaran dari Unitas.

Ketua Pelaksana, Tori Rahmat Dinata, mengucapkan berterima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak dalam menyukseskan acara tersebut.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Yuni Candra, juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran tamu undangan dan narasumber dari Calon Legislatif (Caleg) di wilayah Sumbar.

“Semoga dengan diskusi kebangsaan ini dapat membuka wawasan mahasiswa dalam pilihan politik yang baik, terutama dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang,” ucapnya.

Pembicara yakni, Dean Asli Chaidir dalam materinya menyampaikan, peranan agama untuk kemajuan bangsa.

“Bagaimana bangsa tersebut bisa maju sesuai dengan ajaran agama yang dianut dalam mencegah korupsi di bidang politik,” tuturnya.

Sedangkan Ibrahim Irwan Prayitno dalam materinya menyampaikan, pentingnya sosialisasi politik.

“Kesadaran dan pemahaman politik dibutuhkan untuk memodifikasinya bahkan menciptakan sistem politik baru bagi masa depan bangsa yang lebih baik,” paparnya.

Sementara pemateri selanjutnya, Erick Hariyona, mengatakan bahwa kebijakan para pemuda juga penting terhadap gagasan kedepannya untuk kemajuan di tahun 2024, sebagai generasi penerus bangsa dalam menghasilkan politik.

Mevrizal pembicara terakhir menyampaikan tugas dan peranan DPD membahas tentang peranan dan fungsi DPD yang berkaitan dengan politik sebagai lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

Dima katanya, anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui pemilihan umum serta merupakan majelis tinggi dalam lembaga.

Pada penghujung acara dilaksanakannya sesi tanyajawab untuk mengembangkan daya fikir mahasiswa tentang kemajuan politik dimasa yang akan datang, dan disusul penyerahan sertifikat kepada pembicara dan sesi foto bersama. (JAM UNITAS PADANG/Mifta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *