Fraksi DPRD Tanah Datar Tanggapi Ranperda APBD 2024

– Fraksi menyampaikan pandangan umum terhadap nota Raperda APBD 2024 dalam Rapat Paripurna di Ruang Sidang Utama DPRD setempat, Rabu (8/11/23).
Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra didampingi Ketua DPRD Rony Mulyadi dan Wakil Ketua Saidani, serta dihadiri 23 dari 35 anggota DPRD, dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, Forkopimda, Sekretaris Dewan Yuhardi, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, dan undangan lainnya.
Penyampaian pandangan umum diawali dari Fraksi PAN melalui juru bicara Jasmadi, Fraksi PPP Zulhadi, Fraksi Demokrat Syafril, Fraksi Gerindra Afrizal, Fraksi Perjuangan Golkar Dedi Irawan, Fraksi PKS Nursal, Fraksi Hanura Wadrawati dan Fraksi Nasdem Adrijinil Simabura.
Jubir Fraksi PAN Jasmadi menyampaikan harapan kepada pemerintah daerah untuk mengesekusi secepatnya permasalahan yang timbul di tengah masyarakat secepatnya khususnya dalam mendukung program unggulan daerah agar ke depannya lebih baik lagi untuk diterapkan di APBD 2024.
Jasmadi mengatakan terkait maraknya kegiatan lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman kepada masyarakat, untuk itu diharapkan penerapan program unggulan Makan Rendang lebih dimaksimalkan.
Jubir Fraksi PPP Zulhadi mempertanyakan berapa persen capaian RPJMD dan Progul tahun 2023 sesuai dengan APBD 2023. Kemudian ia mempertanyakan apa program yang disiapkan pemerintah daerah dalam menekan angka kemiskinan, pengangguran dan peningkatan perekonomian masyarakat pada APBD 2024.

Selanjutnya fraksi lainnya umumnya mempertanyakan tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD), ketergantungan Pemerintah Daerah terhadap dana transfer dari Pemerintah Pusat sampai dengan kesadaran dan pelaksanaan penarikan pajak.
Secara umum seluruh Fraksi DPRD mengharapkan kepada pemerintah daerah agar segera menyelesaikan permasalahan pendidikan yang terjadi di SMPN 2 Batusangkar dan SDN 20 Baringin agar proses belajar mengajar berjalan lancar.
Di akhir sidang, diserahkan pandangan fraksi DPRD kepada Pemerintah Daerah yang diserahkan pimpinan rapat Anton Yondra kepada Wabup Richi Aprian. Rapat Paripurna terkait Ranperda ini akan dilanjutkan Jumat (10/11/202). (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *