Gencarkan Program Percepatan Penurunan Stunting, Pemkab Agam Gelar Rakor Antar Lembaga

AGAM — Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari menggelar Rapat koordinasi percepatan penurunan stunting Kabupaten Agam tahun 2023 di Balcone Hotel & Resort, Nagari Gaduik Kecamatan Tilatang Kamang,Senin (16/10/2023).

Pertemuan tatap muka antar lembaga ini merupakan upaya percepatan penurunan stunting di nagari nagari se-Kabupaten Agam dengan tema “Posyandu Sebagai Garda Terdepan dalam Percepatan Penurunan Stunting”.

Bupati Agam yang diwakili oleh Asisten Pembangunan & Perekonomian , Ir H Jetson MT menyampaikan bahwa dengan adanya kerjasama yang baik antara Dinas, Camat, Kepala Puskesmas, Wali Nagari, Penyuluh KB, Tim Pendamping, dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) dapat menggerakkan pemberdayaan masyarakat salah satunya dalam pelaksanaan intervensi dan fasilitator pencegahan dan penurunan stunting di nagari dalam intervensi stunting.

“Diharapkan seluruh Lembaga yang terlibat dalam rapat koordinasi dan sinkronisasi ini mampu bersinergi dalam upaya percepatan penurunan stunting di nagari -nagari se-Kabupaten Agam,” harap Bupati.

Pelaksanaan rapat koordinasi ini dibagi menjadi dua Angkatan. Angkatan pertama yaitu Senin 16 Oktober 2023 di Balcone Hotel & Resort Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang dan angkatan kedua pada Selasa 17 Oktober 2023 bertempat di Hotel Syakura Syariah Jalan Diponegoro Lubuk Basung.

Pada Angkatan pertama peserta rapat koordinasi terdiri dari 12 kecamatan yang terdiri dari Camat, Kepala Puskesmas, Wali Nagari, Penyuluh KB, KPM, dan TPK pada kecamatan tersebut yang berjumlah 192 orang.

Harapannya melalui acara ini tercipta komitmen dari seluruh pihak yang ikut dalam penanggulangan permasalahan stunting secara bersama, serta program yang telah dirancang dapat direalisasikan dengan baik.

“Besar harapan kami seluruh elemen yang berperan dalam percepatan penurunan stunting, baik pemerintah, swasta, ataupun organisasi kemasyarakatan bisa membangun koordinasi, menyamakan presepsi, dan berkomitmen untuk melakukan aksi penurunan stunting.” Tegas Bupati.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman, Kepala OPD terkait, Camat, Kepala Puskesmas, dan Wali nagari se-Kabupaten Agam serta narasumber praktisi dari Universitas Adzkia Padang. (nto/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *