Germas 500 Siswa SMA Negeri 2 Bukittinggi Ditandai Bunyi Genderang Tabur

BUKITTINGGI- Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy, Dt Rajo Pasisia Alam membuka secara resmi kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas) di tataran tingkat provinsi Sumbar di pelataran Jam Gadang Kota Bukittinggi, Sabtu (15/10/2022).

Pada kegiatan yang berkaitan dengan memperingati Hari Ayam dan Telor Nasional (HATN)-2022 itu, Wagub Audy didampingi Kadis Pendidikan Sumbar, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi, Kadis Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi.

Launching Germas ditatanan sekolah tingkat provinsi Sumbar itu ditandai menabuh genderang tambur dan pelepasan burung merpati.

Kadis Pendidikan Sumbar Dr. Lila menyampaikan bahwa sudah saatnya memulai hidup sehat. Kata dia, bisa dimulai dari menurunkan beberapa resiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes yang semakin lama semakin banyak.

“Kementerian Kesehatan telah menetapkan transportasi layanan kesehatan di tingkat rujukan. Kemarin dengan Rumah Sakit Ahmad Muchtar (RSAM), gubernur, Kemenkes, Direktur RS Dharmais, RS Harapan Kita dan RS PON melakukan kerjasama MOU untuk jejaring pelayanan kesehatan terkait penanganan jantung, stroke, urologi serta kesehatan lain,” kata dia.

Berkaitan pada peringtan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) 2022 ini, lanjut Lila, bagaimana cara pola hidup sehat dengan makanan yang sehat, termasuk berolahraga, dan aktivitas fisik digebyarkan.

Kepala DKK Bukittinggi Linda Faroza menyemangati peserta Germas sambil mengatakan “Selamat pagi, pagi, pagi” sehingga membuat suasana semakin meriah di tengah gerimis yang membasahi pelataran Jam Gadang, Kota Wisata itu.

Ia jelaskan, sedikitnya 500 siswa SMAN 2 Kota Bukittinggi melaksanakan senam bersama wagub Sumbar melalui Germas.

“Bukittinggi dengan motto “Hebat”, khususnya “Hebat” bidang pendidikan, bidang kesehatan, di sektor pertanian dan tentunya “Hebat” di sektor wisata,” katanya.

Sesi akhir Germas, Wagub Audi menyanyikan lagu “Kangen” tembang milik Dewa 19. Lantunan suara Audy itu, disambut gembira anak-anak SMAN 2 Kota Bukittinggi dan seluruh tamu undangan.

Wagub juga tidak lupa memberikan doorprize kepada beberapa siswa yang goyangnya paling gokil. Doorprize tersebut berupa voucher sebanyak Rp250.000

“Gunakan hadiah (doorprize) ini untuk kebutuhan atau keperluan sekolah ya,” kata Audy mengingatkan. (aef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *