Gubernur Sumbar Dukung TMMD di Nagari Batu Bulek Tanah Datar

Sumatera Barat Mahyeldi mendukung pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2022 di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Tanah Datar.
Upacara pembukaan dilaksanakan di Lapangan Cubadak Randah, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Selasa 26 Juli 2022.
TMMD ke-114 itu dihadiri Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf Yosep Tanada Sidabutar, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Wakil Bupati Richi Aprian, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno, Forkopimda, Sekda Iqbal Ramadi Payana, pimpinan OPD, Camat, dan Wali Nagari.
Gubernur Mahyeldi menyampaikan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota sangat mendukung pelaksanaan TMMD karena merupakan program kerjasama dan sinergitas berbagai lembaga pemerintahan untuk membangun nagari.
“Kegiatan TMMD diwarnai dengan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik ataupun non fisik yang dibutuhkan masyarakat, sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dan meningkatkan taraf kehidupan,” kata Mahyeldi.
Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih telah memilih Tanah Datar menjadi salah satu lokasi pelaksanaan TMMD.
“Terima kasih kepada TNI telah memilih lokasi disini dan juga kepada pemerintah provinsi yang telah ikut serta memberikan bantuan,” katanya.
Bupati menyebut dalam kegiatan ini banyak bantuan yang diberikan donatur maupun dari pemerintah provinsi seperti bantuan 645 sak semen, 25.000 bibit ikan Nila bersama 825 kg pakan ikan serta 10 bungkus vitamin C, bantuan Al Quran, 600 batang bibit Sukun serta 500 batang bibit tanaman Durian, Mangga dan Manggis.
Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Czi Sutrisno menyampaikan, pelaksanaan pra-TMMD telah dilaksanakan pada 6 Juni sampai 25 Juli 2022 dan pelaksanaan TMMD dilaksanakan dari 26 Juli sampai 24 Agustus 2022 di Nagari Batu Bulek.
“Kita melibatkan 150 orang Satgas dan 40 orang masyarakat setiap hari untuk pembukaan jalan baru sepanjang 4.100 meter dengan lebar 8 meter,” tutur Sutrisno.
Kemudian juga pembuatan irigasi sepanjang 200 meter dan untuk Rumah Tangga Layak Huni (RTLH) sebanyak 3 unit serta berbagai kegiatan penyuluhan dengan total anggaran Rp1,475 miliar, yang merupakan dari APBD Kabupaten Tanah Datar Rp1 miliar dan sisanya dari Mabes TNI.
Sutrisno menambahkan, TMMD bertujuan membantu secara langsung Pemkab Tanah Datar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat.
“Di samping membantu masyarakat di lokasi TMMD, kegiatan ini juga untuk memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan menciptakan suasana kondusif sehingga tercipta stabilitas keamanan yang mantap,” ujarnya. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *