Ini Pesan Bupati Tanah Datar Saat Malewakan Gala Ninik Mamak Limo Koto

TANAHDATAR, bacalahnews – Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi saat menghadiri acara Baralek Gadang Malewakan Soko Lingkungan Nagari Limo Koto, Batu Gadang, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Minggu (28/1/2024).
“Saya mengucapkan selamat kepada 18 orang ninik mamak yang dilewakan gala hari ini. Ini menjadi bukti bahwa kerukunan dan kebersamaan masyarakat di nagari ini berjalan baik,” kata Eka Putra.
Kebersamaan dan kekompakan itu, tambah Eka Putra, bisa menjadi penambah kekuatan bagi Pemerintah Nagari dan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.
Bupati Eka menyampaikan kegiatan seperti ini harus terus dipelihara dan dilestarikan, karena akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh kaum untuk mambangkik batang tarandam dan mambangkik gala nan talipek.
Selain itu, para niniak mamak juga akan bisa membantu dalam penyelesaian setiap persoalan yang ada di nagari.
“Seorang Pangulu yang dipilih kemenakan dan kaumnya agar dapat lebih memposisikan diri dan mengambil peran di tengah masyarakat. Pangulu hendaknya “tampek balinduang di hari paneh, tampek bataduah di hari hujan, ka pai tampek batanyo, ka pulang bakeh babarito, kusuik nan ka manyalasaian, karuah nan ka manjaniahkan, tabanam nan ka manyilami, hilang nan ka mancari, hanyuik nan mamintehi, singkek nan ka ma uleh, senteang nan mambilai,” tutur Eka.
Bupati mengharapkan acara malewakan gala sako, akan terus melestarikan adat dan budaya Minangkabau dalam masyarakat.
“Pemahaman nilai-nilai adat diharapkan mampu membentengi dari gempuran zaman modernisasi dan dari fenomena sosial negatif serta penyakit masyarakat seperti narkoba, judi, LGBT dan lainnya,” tutur Eka.
Hal sama juga disampaikan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir. Dia juga mengucapkan selamat atas amanah yang diemban 18 orang ninik mamak.
“Selamat atas acara malewakan gala bagi 18 ninik mamak, semoga menjadi tauladan di dalam kaum dan anak kemenakannya,” kata Benny.
Sementara itu, Ketua Pelaksana Datuak Mareban menyampaikan 18 orang niniak mamak dilantik dari beberapa suku dan jabatan dalam suku.
“Ninik mamak yang dilewakan ada dari suku Malayu Baru, caniago, Batu Kambing, malayu nan salapan, piliang, batu tangga dan patopang taye yang menjabat dubalang adat, urang tuo suku, panghulu suku, malin suku dan mamak rumah,” tutur Datuak Mareban. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *