Internalisasi Core Values BerAKHLAK sebagai Pengembangan Kompetensi Para Pegawai

BUKITTINGGI — Guna meningkatkan kualitas pelayanan dan peran pegawai sebagai role model penyelenggaraan pemerintah yang baik dan berorientasi, BKPSDM menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Internalisasi Core Value ASN Berakhlak bagi para ASN, Jumat (29/9/2023), di Aula Balcone Hotel Bukittinggi.

Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan segala persiapan untuk meningkatkan pengembangan kompetensi pegawai seperti ini akan terus digalakkan.

Pengetahuan-pengetahuan seperti core values BerAKHLAK ini, lanjut Sonny, merupakan pedoman dalam menjalankan budaya kerja di unit kerja masing-masing.

“Kita akan senantiasa selalu memberikan pelayanan prima kepada seluruh penerima layanan (masyarakat). Apa yang dilakukan di setiap harinya (BerAKHLAK) harus tetap sebagai acuan dalam pemberian layanan,” sebutnya.

Widyaiswara PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, Ir. Said Alkhudri, M.M selaku narasumber pada kegiatan tersebut menyebutkan, pemerintahan saat ini sedang menuju birokrasi yang berkelas dunia. Di mana para aparatur sipil negara saat saat ini sudah harus menjadi Smart ASN.

“RPJM 2024 adalah mewujudkan birokrasi yang berkelas dunia, di mana aparatur sipil negara sudah harus menjadi Smart ASN yang mempunyai integritas, profesionalisme, wawasan yang global, menguasai bahasa asing dan IT serta mempunyai entrepreneurship yang tinggi,” katanya.

Selain itu, lanjut Said, untuk mewujudkan paradigma baru pemerintahan yang menginginkan birokrasi kelas dunia, pemerintah harus mengubah mindset yang ada, salah satunya dari penguasa ke pelayan.

“Dari birokrasi yang terkotak-kotak sekarang sudah saatnya satu, dari pelaksana sekarang ke pengambil peran, dari birokrasi yang resisten sekarang openness (terbuka) serta dari troubleshooting sudah seharusnya ke problem solving. Sehingga dengan paradigma seperti ini birokrasi yang berkelas dunia bisa dapat terwujud,” ujarnya.

Kepala BKPSDM Kota Padang Panjang, Rudy Suarman, A.P menyebutkan, bimtek ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan peran pegawai sebagai role model penyelenggaraan pemerintah yang baik dan berorientasi di Padang Panjang.

“Kegiatan ini juga bekerjasama dengan ACT Consulting (ESQ Group) dan akan berlangsung selama dua hari ke depan dengan para peserta pejabat di Kota Padang Panjang. Semoga dengan adanya bimtek ini implementasi Core Values BerAKHLAK dapat terwujud di Padang Panjang,” ucapnya.

ASN saat ini tambahnya lagi juga harus mempunyai akuntabilitas dan responsibilitas yang tinggi. Responsibilitas adalah kewajiban untuk bertanggung jawab dan akuntabilitas adalah kewajiban pertanggungjawaban yang harus dicapai.

“Akuntabilitas bukan hanya sekadar melakukan hal yang benar tetapi melakukan hal tersebut dengan sebaik mungkin. Salah satunya membuat kebijakan yang bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, asisten, staf ahli, kepala OPD dan eselon III di lingkup Pemerintah Kota Padang Panjang. (rls/pdp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *