Iven Nagari Minangkabau Baralek Gadang, Libatkan Seluruh Potensi Masyarakat

Iven Nagari Minangkabau Baralek Gadang, Seribu Jamba Bokah yang diarak para bundo kaduang resmi dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra di Lapangan Bola Datuak Nan Tuo, Sabtu (13/5/2023).
Wali Nagari Minangkabau Imhar menyampaikan program unggulan Pemkab Tanah Datar satu nagari satu iven di Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang ini terselenggara atas partisipasi dan melibatkan seluruh potensi masyarakat, bundo kanduang dan TP PKK Nagari Minangkabau.
“Nagari Minangkabau terdiri dari tiga jorong yaitu Jorong Minang Jaya, Badinah Murni dan Kelarasan Tanjung dimana sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor pertanian dan perdagangan,” tutur Imhar.
Walinagari menyampaikan apresiasi program unggulan Pemkab Tanah Datar yakni Membajak Sawah Gratis yang membantu petani meringankan biaya pengelolaan sawah dan perekonomian masyarakat nagari.

Bundo Kanduang menjunjung Talam yang isinya nasi bokah

Pada kesempatan itu, Walinagari juga meminta pada Pemkab untuk dapat membantu membangun gedung serba guna, karena belum ada gedung pertemuan yang representatif.

Bupati Apresiasi Iven Nagari Meriah
Bupati Eka Putra menyampaikan terima kasih dan apresiasi iven Nagari Minangkabau Baralek Gadang yang berlangsung meriah dimana ribuan masyarakat mengikuti dan menyaksikan acara pembukaan.
“Di sepanjang jalan menuju lapangan, Saya melihat para bundo kanduang menjunjung nasi bokah atau bekal, ini juga sebuah tradisi yang harus tetap dilestarikan begitu juga tradisi lain yang hingga saat ini masih kental,” tutur Eka.
Bupati menyebut tujuan progrm satu nagari satu iven ini sebagai upaya menjaga dan memelihara adat dan budaya, juga kuliner tempo dulu yang saat ini sudah mulai tergerus, maka dengan adanya iven ini dapat menghidupkan kembali keunikan dan keanekaragaman tersebut.

Bupati Eka Putra mengangkat Talam yang isinya nasi bokah

“Iven nagari sebagai ajang promosi bagi Pemkab maupun Pemnag, mengaktifkan sanggar-sanggar kesenian di nagari, kuliner, UMKM serta rasa kebersamaan masyarakat membangun nagari,” tutur Eka.

Perantau Ikut Berpartisipasi
Tokoh Masyarakat Nagari Minangkabau Yusran Munaf Datuk Sari Marajo menyampaikan para perantau sangat mengapresiasi atas pelaksanaan satu nagari satu iven di Nagari Minangkabau.
“Senjak tahun 2021 telah dibentuk persatuan perantau Nagari Minangkabau dan saat ini sudah ada lima perwakilan daerah yaitu di Medan, Pekanbaru, Lampung, Jakarta dan Bukittinggi,” tutur Yusran.
Ia menyebut partisipasi perantau cukup tinggi membangun kampung halaman contohnya pembangunan masjid yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan sudah menelan biaya Rp18 miliar yang mana Rp15 miliar murni perantau dan Rp3 miliar dari anak nagari.

Turut hadir pada saat acara Iven Minangkabau Baralek Gadang yakni Anggota DPRD Sumatera Barat Arkadius Datuk Intan Bano, Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari Datuk Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh, Asisten dan Kepala OPD lingkup Pemkab Tanah Datar, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat Sungayang Narti, Camat se-Tanah Datar, Forkopimca, Wali Nagari se-Tanah Datar, Lembaga Unsur dan undangan lainnya. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *