Juara 1 KSM, MIUT Thawalib Wakili Padang Panjang ke Tingkat Provinsi

PADANG PANJANG — Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu (MIUT) Thawalib berhasil keluar sebagai juara pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Bidang IPA Terpadu dan Matematika Terintegrasi Tingkat Kota di MTsN Kota Padang Panjang pada 8-10 Juli lalu.

MIUT dinyatakan sebagai pemenang setelah dua wakilnya, Shazyia Shaqila dan Fanessa Fitasha Putri meraih peringkat 1 pada kompetisi Matematika Terintegrasi dan Peringkat 1 IPA Terpadu Terintegrasi. Dengan hasil ini mereka berhak mewakili Kota Padang Panjang melaju ke tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Kesiswaan MIUT, Williani Sarian Bur, S.Pd.I kepada Kominfo, Ahad (16/7/2023) mengungkapkan, KSM merupakan kegiatan yang digelar Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah.

“Pada 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. KSM 2023 dibuka untuk Satuan Pendidikan, baik dari madrasah (MI, MTs, MA) ataupun dari sekolah (SD/SMP/SMA sederajat),” ungkapnya.

Willi menyebutkan, KSM tahun ini diikuti 125 peserta. Dengan rincian untuk tingkat MA/SMA 73 orang, MTs/SMP 36 orang dan MI/SD 16 orang.

“Untuk tingkat MI/SD, peringkat 1-5 akan lanjut menuju tingkat provinsi. Alhamdulillah tahun ini MIUT akan menjadi wakil dari Padang Panjang. Semoga dapat meraih hasil maksimal dan bisa melaju ke nasional,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala MIUT, Misrawani, S.Pd.I juga menyambut baik dan mengapresiasi prestasi yang telah berhasil ditorehkan para pelajarnya.

“Kami atas nama Yayasan Thawalib turut bangga atas pencapaian yang telah diraih anak-anak. Jangan cepat berpuas diri dan teruslah belajar lebih giat lagi sehingga nanti dapat memperoleh hasil terbaik dan bisa lanjut ke tingkat nasional,” harapnya. (rls/pdp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *