Kelurahan Paus Salurkan Makanan Sehat Bergizi untuk Enam Baduta

PADANG PANJANG — Kelurahan Pasar Usang (Paus), Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) salurkan bantuan makanan sehat bergizi dalam program Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting (Basunting) kepada enam anak di bawah usia dua tahun (Baduta), Senin (2/1/2023) di Aula Kantor Lurah setempat.

Pemberian makanan sehat bergizi berupa nasi lengkap dengan lauk dan sayur, serta puding dan susu dari Dapur Sehat Atasi Stunting (Dahsad) di bawah komando Ketua TP-PKK PKK Paus, Winda Erosen Adera, S.H ini akan dilakukan setiap hari selama enam bulan ke depan.

Ketua Sekretariat Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Yetti Syofyarni, M.E mengapresiasi lurah Paus yang telah menginisiasi pemberian makananan sehat bergizi ini selama enam bulan ke depan.

“Ini membuktikan adanya kerja sama yang baik antara lurah, PKK kelurahan serta Puskesmas Bukit Surungan.
Dahsad inilah yg kita harapkan. Mudah-mudahan menjadi motivasi bagi kelurahan lainnya, dikelola PKK kelurahan untuk memasak makanan yang diberikan langsung ke baduta. Semoga ini dapat terus berjalan selama enam bulan ke depan tidak terputus. Mudah-mudahan ada perkembangan yang signifikan dalam penurunan angka stunting di Kota Padang Panjang,” harapnya.

Lurah Paus, Erosen Adera, S.T Datuak Rangkayo Batuah menyampaikan ucapan terima kasih kepada instansi yang telah menjadi donatur dalam program Basunting di kelurahannya.

“Kelurahan Paus dengan enam baduta stunted diakomodir Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA) serta Pemerintah Kelurahan. Insyaa Allah Bank Nagari juga akan menjadi Basunting di kelurahan ini. Mudah-mudahan, demi kecukupan gizi anak kita, Paus akan selalu bersemangat bersinergi dengan pihak manapun dalam penurunan angka stunting ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bukit Surungan (Busur), Yusri Yanti, S.Tr.Keb menambahkan, menu makanan yang diberikan ini sudah diatur kandungan gizinya sesuai kebutuhan anak tersebut.

“Kita berharap empat kelurahan lain di wilayah kerja Puskesmas Busur dapat mengikuti jejak yang telah dilakukan Paus ini. Ke depan Puskesmas Busur juga akan menyediakan Klinik Tumbuh Kembang Peduli Stunting. Silahkan bagi ibu-ibu, dapat konsul, baik bagi ibu hamil maupun yang memiliki balita,” tambahnya. (pdp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *