Ketua DPC PJS Diajak Kepsek SMAN 1 Bukittinggi Lihat Ruang Pustaka

BUKITTINGGI — Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 1 Bukittinggi ajak Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Bukittinggi melihat-lihat ruang perpustakaan di sekolah itu, Sabtu (3/6/2023).

Kepsek SMA N 1 Bukittinggi, Silfa Dusun menunjukkan ke Ketua DPC PJS Bukittinggi, Hamriadi, S.Sos., S.T satu per satu peralatan di perpustakaan SMA N 1 Bukittinggi.

Menurut Silfa Dusun, di perpustakaan SMA N 1 Bukittinggi sudah ada perpustakaan digital. Koleksi buku-buku di perpustakaan terbilang lengkap.

“Di sini juga ada ruang Podcast. Siswa bisa memanfaatkan sarana Podcast sebagai ajang informasi untuk sekolah, dan hanya dibuka saat tertentu saja,” ujarnya.

Di Perpustakaan SMA N 1 Bukittinggi, siswa yang akan mencari buku dibutuhkan dapat mencarinya melalui sarana komputer yang telah disediakan.

“Jika di dalam data komputer buku yang dicari ada, siswa tinggal mengambilnya di rak buku yang telah ditunjukkan dari informasi komputer tersebut,” sebut Silfa didampingi petugas perpustakaan.

Silfa mengatakan, saat ini perpustakaan SMA N 1 Bukittinggi mewakili Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam ajang lomba perpustakaan di tingkat nasional.

“Mudah-mudahan di tingkat nasional nanti perpustakaan SMA N 1 Bukittinggi, berhasil meraih juara pertama,” katanya.

Perpustakaan SMA N 1 Bukittinggi berhasil mewakili Sumbar pada lomba perpustakaan tingkat nasional, setelah sebelumnya juara pertama di tingkat Sumbar dan juara pertama di tingkat kota Bukittinggi.

Ketua DPC PJS Kota Bukittinggi, Hamriadi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada SMA N 1 Bukittinggi, karena telah diajak melihat-lihat perpustakaan yang ada di sekolah tersebut.

Mantan Wartawan LKBN Antara ini mengaku tak menyangka akan diajak ke ruang perpustakaan SMA N 1 Bukittinggi oleh Kepsek, Silfa Dusun.

“Awalnya kita bertanya apa kelebihan dari perpustakaan SMA N 1 Bukittinggi sehingga mewakili Sumbar di lomba perpustakaan sekolah di tingkat nasional. Oleh kepsek kita diajak melihat langsung ke perpustakaan,” papar Ham.

Ham mengaku salut dengan SMA N 1 Bukittinggi karena telah memiliki perpustakaan yang modern, dengan koleksi buku-buku dibutuhkan murid SMA N 1 terbilang cukup lengkap itu.

“Sarana Podcast yang ada di SMA N 1 Bukittinggi itu, kita dari PJS menawarkan kerjasama dengan SMA N 1 Bukittinggi untuk memberdayakan siswa di sekolah tersebut mempublikasikan kegiatan sekolah melalui rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Pihak Kepsek menyambut baik dan mengatakan akan membuat serta mengkaji bentuk kerja sama terlebih dulu,” tutur Ham yang juga mantan wartawan Pos Metro Padang itu. (**).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *