Ketua Umum SOIna Kabupaten Agam Dikukuhkan.

AGAM — Ny Yeni Andri Warman dikukuhkan dalam pelantikan sebagai Ketua Umum SOIna Kabupaten Agam Periode 2022-2026.

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ny Harneli Mahyeldi selaku
Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi Sumatera Barat, yang sengaja datang dan mengunjungi Kabupaten Agam untuk melakukan pelantikan pengurus SOIna Kabupaten Agam sekaligus melakukan penandatanganan berita acara serta menyerahkan bendera pataka SOIna kepada Ny.Yeni Andri Warman di Mess Pemkab Agam Belakang Balok, Bukittinggi, Jumat (22/9/2023).

SOIna adalah suatu organisasi keolahragaan dan sosial nirlaba yang menangani pembinaan dan
pelatihan olahraga khusus bagi penyandang disabilitas intelektual (Tunagrahita).

Ny Harneli Mahyeldi setelah melakukan penandatangan pelantikan mengatakan bahwa SOIna memiliki tujuan mulia dan memiliki visi yaitu memberikan kesempatan bagi warga Tunagrahita untuk menjadi orang yang berguna dan produktif serta dapat diterima dan dihargai sebagai bagian dari masyarakat melalui olahraga .

“Tujuan utama dibentuknya SOIna ini adalah untuk mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas intelektual (Tunagrahita), agar memperoleh pengakuan atas haknya sebagai warga,” ujarnya.

Lebih jauh Ia menyampaikan bahwa
VISI tersebut dilaksanakan melalui penegasan dalam MISI SOIna yaitu, menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun bagi warga Tunagrahita, diberikan kesempatan yang berkesinambungan untuk membentuk fisik yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan sesama atlet Special Olympics lainnya dan masyarakat.

“Sepanjang tahun warga Tunagrahita harus diberikan kesempatan untuk membentuk fisik
yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan sesama atlet Special Olympics” kata Harneli.

Sementara itu, Ketum SOIna Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman yang baru saja dilantik mengharapkan pelantikan pengurus SOIna Kabupaten Agam ini menjadi momentum untuk perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi keolahragaan khususnya bagi anak-anak difabel.

“Dengan pembinaan dan pelatihan olahraga diharapkan anak-anak difabel yang ada di Kabupaten Agam ini bisa menorehkan prestasi di ajang daerah maupun nasional di masa yang akan datang,” harapnya.

Selain harapan tersebut di atas Nyonya Yeni yang juga merupakan Ketua TP PKK Kabupaten Agam tersebut juga mengajak para pengurus yang baru dilantik untuk dapat bersama-sama lebih peduli kepada anak-anak yang berkebutuhan khusus.

“Kita selaku pengurus harus selalu mensosialisasikan dan mendorong agar para orang tua yang memiliki anak-anak yang berkebutuhan khusus agar selalu menyalurkan minat dan bakat mereka agar bisa menorehkan prestasi seperti anak-anak lainnya” ajak istri AWR tersebut. (nto/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *