KNPI Apresiasi Pemko Bukittinggi Pasang Kanopi di Jl Minangkabau

BUKITTINGGI – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Firdaus, mendukung dan mengapresiasi rencana pemerintah membangun awning atau kanopi di Jl Minangkabau kota setempat.

“KNPI Bukittinggi sangat mengapresiasi langkah pemerintah membangun awning di Jl Minangkabau itu,” ucap Firdaus di Bukittinggi, Rabu (5/10/2022).

Menurut dia, apresiasi adalah kata yang tepat ditujukan terhadap niat baik Pemko Bukittinggi dalam memajukan perekonomian rakyat kecil. Selain meningkatkan perekonomian, lanjut dia, Pemko juga punya niat memperindah kota, terkhusus melalui pembangunan awning tersebut.

“Oleh sebab itu, mari kita support niat baik Pemko Bukittinggi. Kami di bawah naungan organisasi kepemudaan (OKP) yang bernaung di KNPI sangatlah bangga dan senang punya pimpinan berpikiran kreatif dalam memperindah kota,” katanya.

Ia merasa aneh jika ada masyarakat yang menolak atau tidak senang atas niat baik Pemko Bukittinggi merealisasikan pembangunan awning. Padahal, kata Firdaus, pada prinsipnya niat itu bertujuan memperindah kota sekaligus meningkatkankan perekonomian.

“Semua pihak seharusnya turut mengapresiasi dan mendukung rencana pembangunan awning tersebut,” ingatnya.

Firdaus mengajak seluruh elemement masyarakat, bersama-sama mewujudkan kemajuan di kota wisata itu secara kolaboratif.

“Selagi niat dan rencana Pemko Bukittinggi positif, mari kita dukung. Akan tetapi jika niat dan rencananya negatif, bersama pula kita kritisi dengan logika jernih dan rasional,” katanya.

Kata Firdaus, semangat kolaborasi sangatlah penting diwujudkan dalam pencapaian peningkatan ekonomi masyarakat.

“Hal tersebut harus diciptakan bersama agar kota yang kita cintai ini lebih indah,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, lanjut dia, Pemko Bukittinggi terus berupaya memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19. Upaya Pemko tersebut diantaranya membuat program-program merakyat seperti tabungan Utsman dan pembuatan awning di Jl Minangkabau sebagai kawasan Night Market (Pasar Malam).

Firdaus katakan lagi, upaya Pemko Bukittinggi menjadikan Jl Minangkabau sebagai kawasan pasar malam akan merealisasikan program pembangunan fisik yang monumental. Dan jika dilihat dari sudut pandang tata kelola kota, pemasangan awning juga memperindah dan mempercantik Bukittinggi.

“Sebelum dilaksanakan pemasangan awning, sudah ada pernyataan ombudsman bahwa pembangunan awning di Jl Minangkabau tidak berbenturan dengan hukum,” jelasnya seraya mengatakan, guna menarik wisatawan datang ke Bukittinggi, pembangunan infrastruktur haruslah diikuti inovasi- inovasi baru dan sisi lain meningkatkan perputaran ekonomi rakyat kecil.

Ia ingatkan lagi, terkait jika ada masyarakat menolak atau tidak senang atas niat baik Pemko Bukittinggi merealisasikan pembangunan awning di Jl Minangkabau itu, seiring berjalannya waktu ada dugaan sebagian kelompok atau perorangan menolak terhadap program tersebut.

” Sekali lagi, niat baik Pemko ini harusnya kita dorong untuk makin memperkuat pendapatan dan pengunjung pun makin nyaman berwisata di Bukittinggi nan indah,” katanya.

Program Pemko lainnya, Firdaus juga menilai ada berberapa program yang sangat menarik dan pro kaum millenial terkhusus pemuda. Program tersebut seperti event besar “Road Race”. Program tersebut kata dia, mengakomodir hobi serta bakat para pemuda Bukittinggi. Dan dengan demikian, ada wadah positif bagi pemuda dalam menyalurkan bakat pada bidang otomotif.

“Digelarnya event tersebut (Road Race) tentunya memicu perputaran ekonomi di Bukittinggi,” terangnya.

Terakhir, Ia kembali menyatakan, bahwa KNPI memberi dukungan dari setiap program positif Pemko Bukittinggi.

Penguatan Konsep Wisata

Sekedar mengingatkan, sebelumnya Wali Kota Bukittingggi Erman Safar sampaikan, penguatan konsep wisata melalui rencana pemasangan atap kanopi di sepanjang Jl Minangkabau akan menciptakan kenyamanan wisatawan. Terlebih lagi terhadap pedagang di malam hari seperti, PKL, pedagang souvenir, kuliner dan pedagang lain.

Diketahui, malam hari, Jl Minangkabau ramai wisawatan sebab berdekatan dengan taman wisata Jam Gadang dan Pasar Atas. Diharapkan dengan pemasangan awning, maka kawasan tersebut makin tertata, nyaman, cantik dan indah. (aef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *