Kodo Jelang Akhir Tahun, Bukittinggi Dapat Penghargaan Nasional Bidang Kesehatan Swasti Saba Wiwerds

BUKITTINGGI — Jelang akhir tahun 2023 nampak menjadi spesial bagi kota Bukittinggi. Setidaknya, ini ditunjukkan dengan penghargaan nasional bidang kesehatan, Swasti Saba Wiwerds didapatkan Pemko Bukittinggi tahun 2023.

Penghargaan diserahkan di Kempinski Grand Ballroom Kurbuk Grand Indonesia West Mall, Selasa (28/11/2023).

Penghargaan diserahkan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Efendi dan Mentri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, serta perwakilan Mendagri kepada Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza.

Linda Faroza, menyampaikan, ini menjadi pembuktian realisasi visi dan salah satu misi yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026, yaitu hebat dalam bidang kesehatan dan lingkungan.

“Swasti saba wiwerds, bisa kita dapatkan pada tahun 2023 ini. Kali kedua Kota Bukittinggi dapat meraih swasti saba wiwerda, yang merupakan penghargaan untuk kota sehat,” ujarnya.

Wako Erman Safar atas raihan penghargaan itu menyampaikan mengapresiasi ke seluruh SKPD terkait selalu tim pembina dan juga Forum Kota Sehat (FKS), Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dan Pokja Kelurahan Sehat, yang telah bersama sama mewujudkan Bukittinggi Kota Sehat.

Diketahui, pada penilaian 2023 kota Bukittinggi ajukan 9 tatanan, diantaranya tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan pemukiman dan fasilitas umum, tatanan satuan pendidikan, tatanan pasar.

Selain itu tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, tatanan pencegahan dan penanganan bencana.

Pada 2015 lalu telah Bukittinggi meraih Swasti Saba Padapa. Sedangkan pada 2017 meningkat mendapatkan Swasti Saba Wiwerda, serta di 2019 Bukittinggi juga mendapatkan penghargaan kota sehat, Swasti Saba Wistara.

Penghargaan itu diserahkan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Efendi dan Mentri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, serta perwakilan Mendagri, kepada Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dan Ketua FKS, Ny. Fiona Erman Safar yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza, bersama sejumlah pengurus FKS.

Penghargaan diraih paling tidak menjadi pembuktian realisasi visi dan salah satu misi yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026, Hebat dalam bidang kesehatan dan lingkungan. Karena telah banyak yang telah dilakukan, namun poin utama tentu dukungan penuh dari masyarakat.

Kerja keras dihasilkan sehingga akhirnya membuahkan hasil ini, tentunya penghargaan swasti saba wiwerds kado terindah pada penghujung 2023. Terdapat kali kedua Kota Bukittinggi dapat meraih swasti saba wiwerda, yang merupakan penghargaan untuk kota sehat.

Selanjutnya Erman Safar mengapresiasi seluruh SKPD terkait selalu tim pembina dan juga Forum Kota Sehat (FKS), Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dan Pokja Kelurahan Sehat, yang telah bersama sama mewujudkan Bukittinggi Kota Sehat.

Dengan hasil ini, tentu Kota Jam Gadang semakin direkomendasikan sebagai kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat. Baik untuk masyarakat kita, maupun untuk para wisatawan yang akan berkunjung.

“Terima kasih atas kerja keras kita semua,” ujar Wako Erman Safar yang merupakan wali kota dari kader partai Gerindra ini.

Sedangkan Ketua Forum Kota Sehat Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, didampingi Wakil Ketua, Ali Rahman, mengaku bangga dapat membawa nama Bukittinggi kembali harum dalam bidang Kota Sehat.

Upaya yang dilakukan mulai dari pembinaan dari tingkat kelurahan dan kesadaran masyarakat, menjadi modal penting dalam mewujudkan Bukittinggi sebagai kota yang bersih, sehat, aman dan nyaman.

Untuk diketahui, dalam penilaian tahun 2023 ini, data yang dinilai itu data tahun 2021 dan 2022. Saat diajukan ke provinsi dan dari provinsi nilai dalam kategori memenuhi, sehingga diajukan ke pusat.

“Alhamdulillah, Kemendagri, Kemenkes bersama Kementrian terkait lainnya menilai Bukittinggi layak mendapatkan Swasti Saba Wiwerds 2023,” paparnya. (dyt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *