KPAI Serahkan Bantuan dan Sarankan Sekolah Siaga Bencana di Tanah Datar

TANAHDATAR, Bacalahnews – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) RI menyerahkan bantuan dan mengunjungi korban banjir bandang di .
Anggota KPAI RI Diyah Puspitarini menyerahkan bantuan dan diterima Bupati Eka Putra didampingi Ketua DPRD Rony Mulyadi di Gedung Indojolito Batusangkar, Selasa (4/6/2024).
Diyah Puspitarini menyampaikan ucapan duka dan keprihatinan atas musibah banjir bandang yang melanda beberapa nagari di Tanah Datar.
“KPAI hadir disini menyalurkan bantuan, sekaligus memastikan kondisi anak-anak yang terdampak dari musibah banjir bandang,” ucap Diyah.
Diyah menyebut saat mengunjungi posko bencana di nagari, korban galodo bisa diatasi bersama-sama, termasuk anak-anak telah bersekolah kembali yang sebelumnya juga dilakukan truma healing di lokasi pengungsian.
Melihat kondisi Kabupaten Tanah Datar yang rawan bencana perlu diadakan Sekolah Siaga Bencana (SSB) sebagai upaya membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana sebelum maupun setelah bencana terjadi.
Sementara itu, Bupati Eka Putra menyampaikan terima kasih atas bantuan dan ucapan duka dari KPAI dan jajaran.
Bupati juga menyampaikan bahwa sampai saat ini masih ada korban hilang sebanyak 10 orang belum ditemukan.
Disamping itu, pihaknya juga melakukan normalisasi aliran sungai, perbaikan jembatan, penelusuran ke hulu sungai dengan untuk melakukan pembersihan kayu-kayu dan memecahkan bebatuan yang menghambat aliran sungai.
Bupati mengatakan khusus untuk penanganan anak-anak pasca banjir bandang pemerintah daerah sudah membentuk tim trauma healing untuk meringankan beban phisikologis anak-anak dibantu Polres Tanah Datar, perguruan tinggi, LSM dan relawan. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *