Maharnis Zul: Hari Guru Nasional Momentum Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar

PAYAKUMBUH – Anggota DPRD Kota Payakumbuh dari Fraksi Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) 1 H. Maharnis Zul, S.Pd ucapkan selamat Hari Guru Nasional 2022.

“Sebagai mantan seorang Guru di payakumbuh saya mengucapkan selamat Hari Guru Nasional 2022, serentak berinovasi wujudkan merdeka belajar,” kata Maharnis Zul di Payakumbuh, Jumat (25/11/2022).

Momentum Hari Guru Nasional tahun 2022 ini, ia mengajak anak bangsa serentak berinovasi wujudkan merdeka belajar.

Mengutip ungkapan Ki Hajar Dewantoro, guru adalah pejuang yang tulus, tanpa tanda jasa, mencerdaskan kehidupan bangsa.

”Guru itu bagai pelita dalam kegelapan, embun penyejuk dalam kehausan, seperti lirik pada Hymne Guru. Mengikis kebodohan dan keterbelakangan. Peran dan posisi guru sangat sentral, sangat strategis, dalam menentukan arah masa depan bangsa,” ujarnya.

Dalam konteks peringatan Hari Guru Nasional maknanya adalah sebagai pengingat sejauh mana guru telah menjalankan fungsi, yang melekat erat dengan kata kompetensi.

Kompetensi adalah komponen utama yang harus dimiliki guru sebagai pengajar, yang diberi amanat untuk melakukan transfer ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada siswanya.

“Dengan melakukan evaluasi diri dan refleksi diri, seorang guru akan selalu terpanggil untuk memberi yang terbaik bagi siswanya,” tutupnya. (yoz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *