Media Karangkraf Malaysia Tertarik Wisata Sejarah Luhak Nan Tuo

TANAHDATAR, bacalahnews – Pimpinan Kumpulan Media Karangkraf Shah Alam Selangor Malaysia Hashim bin Anang menemui Bupati Eka Putra di Indo Jolito Batusangkar, Kamis (25/01/2024), karena tertarik dengan wisata sejarah Luhak Nan Tuo.
Hashim Anang menyebut hubungan kekerabatan media Malaysia dengan media di Kabupaten Tanah Datar sudah terjalin sejak lama.
“Rombongan media dari Tanah Datar sering berkunjung ke Malaysia, khususnya ke Kumpulan Media Karangkraf yang menerbitkan Akbar Sinar Harian,” tutur Hashim.
Hashim menyampaikan ada hal yang menarik tentang wisata sejarah Luhak Nan Tuo yang patut diketengahkan di Malaysia.
“Khususnya di Kualalumpur, di kawasan Kampung Bahru warganya yang berasal dari Minangkabau ramai disitu yang bergerak di bidang perniagaan, dan karena kesibukan mereka tidak sempat untuk mengetahui asal-usul dan kampung mereka di Minangkabau,“ tutur Hashim.
Dikatakannya, lawatan ke Tanah Datar ini ke depannya dapat berlanjut dengan berbagai bentuk kerja sama. Sehingga, apa yang menjadi harapan dari Bupati Tanah Datar dapat mengekspos potensi-potensi Tanah Datar Luhak Nan Tuo di Malaysia dapat terwujud, ke depannya bisa juga menjadi wisata leluhur bagi warga Malaysia.
Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik rencana kerja sama mengeksplor keunikan serta sejarah Tanah Datar di media-media Malaysia itu.
“Banyak sekali keunikan dan wisata-wisata sejarah di Tanah Datar Luhak Nan Tuo ini yang belum terekspos dan itu sangat baik sekali dipublish bagi media-media di Malaysia, dan kita sangat berterima kasih,“ tutur Eka.
Bupati menyampaikan berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah untuk terus menggali dan mengangkat potensi daerah dengan melahirkan berbagai Program Unggulan (Progul) seperti dibidang pariwisata “Satu Nagari, Satu Event”.
“Kita punya progul Satu Nagari Satu Event, inilah yang kita angkat ke khasan masing-masing nagari di Tanah Datar, itu tidak sama setiap nagari, kita munculkan kembali tradisi dan budaya tempo dulu, kuliner spesifik dan keunikan lainnya,” ujar Bupati Eka Putra.
Bupati berharap, dengan kunjungan Pengurus Tugas-Tugas Khas Kumpulan Karangkraf Hashim Anang ini, ke depannya ada juga media-media dari Malaysia datang ke Tanah Datar dan ikut meliput kalender event di Tanah Datar seperti satu nagari satu event tersebut.
Dengan itu, Bupati Eka Putra punya harapan ke depannya Tanah Datar akan lebih terexplore lagi ke berbagai belahan dunia dan wisatawan akan banyak berkunjung ke Tanah Datar, baik wisata alam, budaya, sejarah, geopark, kuliner dan keunikan lain yang bisa dinikmati di Tanah Datar, ekonomi masyarakat meningkat dan home stay juga akan terus berkembang. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *