Musrenbang Kecamatan Rambatan, Anggota DPRD Tanah Datar Minta Kegiatan Sesuai Skala Prioritas

Anggota DPRD Tanah Datar Adrijinil Simabura meminta usulan kegiatan atau program dari pemerintahan nagari berdasarkan skala prioritas.

“Kepada pemerintahan nagari harus memprioritaskan seruan kegiatan yang utama terlebih dahulu,” kata Adrijinil saat acara Rambatan, Kamis (9/2/2023.

Legislator dari Fraksi Partai NasDem ini menyebutkan apabila nagari mengutamakan tawaran tersebut harus disesuaikan dengan visi dan misi kepala daerah.

Sementara itu, Camat Rambatan Roza Melfita menyampaikan prioritas pembangunan nagari yang diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan Rambatan tahun 2023 yang pertama.

“Isu strategi pembagunan di Kecamatan Rambatan ini yang pertama, peluasan bangunan Aula Kantor Camat Rambatan yang saat ini terlihat masih sempit,” tutur Roza.

Camat mengharapkan keinginan pembangunan yang mengutamakan pengembangan usaha mandiri kecil menangah (UMKM) dan industri rumah tangga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kemudian, dapat menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat seperti masalah permodalan UMKM, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan sumberdaya manusia.

“Musrenbang ini untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terhadap program pembangunan prioritas yang ingin dicapai sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Roza.

Ketua Tim Musrenbang Pemkab Tanah Datar Erizanur mengharapkan Musrenbang kecamatan ini dapat mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan sehingga program pembangunan memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Ia menyebut dalam merancang pembangunan di nagari harus mengutamakan peningkatan kualitas sumberdaya manusia, pengamalan agama, adat, dan budaya, pengentasan kemiskinan dan aksi.

Kemudian, peningkatan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, lingkungan hidup dan bencana alam, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah.

Ikut hadir dalam musrenbang Bupati diwakili Asisten I Elizar, pimpinan OPD, Forkopimca, para Wali Nagari, dan tokoh masyarakat setempat. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *