Musrenbang Kecamatan Tanjung Baru, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Harapkan Program UMKM Diprioritaskan

– Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra mengharapkan usulan program dalam Tanjung Baru diprioritaskan pada peningkatan ekonomi kerakyatan khususnya .
“Program usulan hendaknya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat terutama UMKM,” ucap Anton saat acara Musrenbang Kecamatan Tanjung Baru, Rabu (15/2/2023).
Legislator dari Fraksi Partai Golkar ini menyampaikan masyarakat mesti memperhatikan prioritas kegiatan itu agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan potensi yang ada.
Pada kesempatan itu, Anton menanggapi adanya usulan dari kepala sekolah agar dapat merehab bangunan sekolah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan belajar para siswa.
“Hal itu sudah jadi prioritas kami, agar segera dilakukan rehab sekolah, jadi mohon bersabar saja,” kata Anton.
Sementara itu, Camat Tanjung Baru Riki Afrizaldi menyampaikan bahwa Musrenbang ini merupakan lanjutan dari pramusrenbang yang sudah dilakukan sebelumnya.
Ia mengharapkan usulan pembangunan hendaknya mengutamakan pengembangan usaha mandiri kecil menangah (UMKM) dan industri rumah tangga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kemudian, dapat menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat seperti masalah permodalan UMKM, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan sumberdaya manusia.
“Musrenbang ini untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terhadap program pembangunan prioritas yang ingin dicapai sehingga mampu meningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap Riki.
Program Bermanfaat Bagi Warga
Ketua Tim Musrenbang Pemkab Tanah Datar Alfian Jamrah mengharapkan musrenbang kecamatan ini dapat mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan sehingga program pembangunan memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.
Kepala Baperlitbang ini menyebut dalam merancang pembangunan di nagari harus diutamakan peningkatan kualitas sumberdaya manusia, pengamalan agama, adat, dan budaya, pengentasan kemiskinan dan pengangguran.
Kemudian, peningkatan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, lingkungan hidup dan bencana alam, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah.
Ikut hadir dalam musrenbang Anggota DPRD Tanah Datar Dekminil, Zulli Rustam dan Azwar Rabain, Forkopimca, Wali Nagari dan undangan lainnya. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *