Mutasi Bergulir di Pemkab Tanah Datar, 65 Pejabat Dilantik

Dua Jabatan Dikukuhkan Kembali

– Mutasi pejabat kembali bergulir di . Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Wakil Bupati Richi Aprian, melantik sebanyak 65 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas, di Aula Kantor Bupati, Selasa (03/01/2023).

Pelantikan pejabat ini karena adanya Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru dan perubahan nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan nomenklatur jabatan, mengisi kekosongan jabatan serta mutasi dan rotasi serta promosi jabatan karena kebutuhan organisasi.

“Beberapa OPD ada yang berubah yakni Badan Keuangan Daerah dipecah menjadi dua yaitu Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, perubahan nomenklatur OPD dari Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan berubah menjadi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan,” ucap Eka.

Bupati menyampaikan ada beberapa mekanisme pengisian Jabatan Tinggi Pratama sebanyak 8 orang yaitu pengukuhan jabatan Alfian Jamrah sebagai kepala Bappeda dan Litbang dan Darfizal sebagai Kepala Bappenda.

Kemudian, melalui uji kompetensi yakni mutasi jabatan tinggi pratama Helfy Rahmi Harun sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Ermon Reflin sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Zarratul Khairi menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM.

Melalui seleksi terbuka yakni Sri Mulyani sebagai Kepala Dinas Pertanian, dan Erizanur sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik serta Abdurrahman Hadi sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

“Restruktur organisasi ini bertujuan agar organisasi dapat meningkatkan kinerjanya secara maksimal dalam mewujudkan visi dan misi daerah serta pelaksanaan Program Unggulan (Progul) daerah dalam melayani masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah,” tutur Eka.

Bupati mengharapkan pejabat yang dilantik agar bekerja sungguh-sungguh dan memberikan kinerja yang terbaik bagi pemerintah dan bekerja keras sepenuh hati sehingga juga dapat mewujudkan visi dan misi yang disampaikan pada saat uji kompetensi dan seleksi beberapa waktu yang lalu.
Diantara delapan Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik ada juga 57 Pejabat Administrasi diantaranya 35 Pejabat Administrator dan 22 Pejabat Pengawas di jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Mutasi, rotasi dan promosi adalah merupakan metode dalam pembinaan karir bagi ASN terkait prestasi kerja, daerah membutuhkan pejabat yang memiliki tingkat kompetensi, loyalitas dan profesionalisme yang tinggi dalam mengemban jabatan karena itu juga sangat mempengaruhi Progul daerah,” tutur Eka.

Bupati mengatakan pejabat agar menggali potensi daerah sebagai PAD, berjuang maksimal meningkatkan PAD karena sangat berpengaruh terhadap perekonomian daerah dan sudah tentu berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Pejabat yang Dilantik

Sementara itu 35 Pejabat Administrator yang dilantik diantaranya adalah Kabag Pemerintahan Setda Reni Susanti yang sebelumnya Camat Sungayang, Alinadius Kabag Kesra Setda, Adriyanti Rustam dilantik dengan jabatan baru Sekretaris Bappeda dan Litbang, Irwan sebelumnya Camat Lima Kaum dilantik sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan.

Wina Martayeni Sekretaris Sekretaris BPKD, Elno Pembri Sekretaris Bappenda, Ronal Satria Sekretaris Dinas PMDPPKB, Varia Warvis Sekretaris Dinas Pertanian, Ikrar Fahlevi Camat Lima Kaum, Roza Malfita Camat Rambatan, Yatriwel Camat Padang Ganting, Mulkhairi Camat Pariangan dan Narti Camat Sungayang. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *