Nagari Pasie Laweh Tanah Datar Baralek Gadang, 31 Gala Sako Dilewakan

TANAHDATAR – Masyarakat Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, baralek gadang dengan dilewakannya sebanyak 31 gala sako kepada Pangulu Niniak Mamak dan Pewaris Gelar Sako di Lapangan Galodo, Sabtu (26/8/2023).
Ketua KAN Pasie Laweh Jhoni Azhar Datuk Tanaro menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan malewakan gala ini dapat dilaksanakan.
“Berkat dukungan masyarakat di kampung halaman dan perantau, kegiatan malewakan gala atas 31 orang ninik mamak dapat dilaksanakan,” tutur Jhoni.
Ia juga menyampaikan selamat atas malewakan gala sako kepada 31 niniak mamak dari Suku Chaniago, Mandahiliang, Piliang dan Gugun, serta pelantikan manti, dubalang, malin dan khatib masing-masing suku.
Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan baru kali ini ia menghadiri kegiatan malewakan gala yang begitu ramai, baik dari niniak mamak ataupun masyarakat yang hadir.
“Meski ada sedikit permasalahan namun sudah bisa diselesaikan dengan baik dan terlihat kompak serta meriah,” tutur Eka.
Bupati mengatakan baralek batagak gala pangulu ini tentunya menjadi kebanggaan bagi kaum, terutama untuk mambangkik batang tarandam, menghidupkan kembali gala nan talipek, dan juga menjadi pengayom bagi anak kemenakan dan suku serta kaumnya. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *