Panwascam Sungayang Awasi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP DPS Pemilu 2024

– Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sungayang mengawasi sekaligus memberikan tanggapan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemulih Hasil Perbaikan (DPHP) Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat kecamatan pada Pemilu 2024 di Aula Kantor Camat Sungayang, Rabu (10/5/ 2023).
Rapat pleno tersebut dipimpin Ketua PPK Sungayang Alex Pramatia didampingi Anggota Dola Nevia Andhini, Lenti Yudarna, Masrial, Noverman, dan hadir Anggota Bawaslu Tanah Datar Al Azhar Rasidin, Ketua Irfan Taufik beserta Anggota Edison dan Refialdi, camat dan Muspika, perwakilan Partai Politik , dan Panitia Pemilihan Suara (PPS) se-Kecamatan Sungayang.

Peserta rapat pleno terbuka DPSHP yang dilaksanakan PPK Sungayang

Dalam rapat pleno, PPK Sungayang menetapkan DPHP DPS untuk Pemilu 2024 sebanyak 64 TPS, 14.317 pemilih aktif 1 pemilih baru, 79 pemilih TMS, 6 pemilih ubah data, dan 622 pemilih potensial non KTP elektronik. “Kita tidak ingin masyarakat yang sudah memiliki hak pilih itu tidak terdaftar dalam daftar pemilih,” tutur Alex. Ia mengajak kepada seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan untuk ikut menyukseskan Pemilu 2024 ini. “Kita berharap partai politik, pengawas Pemilu dan pemerintahan kecamatan dapat menyosialisasikan kepada masyarakat jika ada yang masih belum terdata atau belum terdaftar untuk dapat menghubungi PPK dan PPS,” harap Alex.
Data pemilih tersebut tersebar di 5 nagari terdiri dari Nagari Sungai Patai 1.758 pemilih (7 TPS), Andaleh Baruah Bukit 3.722 pemilih (19 TPS), Tanjung 1.723 pemilih (7 TPS), Sungayang 4.566 pemilih (21 TPS), dan Minangkabau 2.548 pemilih ( 10TPS).
Ketua PPK Alex Pramatia mengemban kewajiban untuk terus mengupayakan terwujudnya Pemilu yang berkualitas dengan menghasilkan daftar pemilih yang sah sehingga seluruh warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih sudah masuk dalam hasil perbaikan DPS.

Panwascam Berikan Pasukan
Sementara itu, Ketua Panwascam Sungayang Irfan Taufik mengharapkan hasil rapat pleno rekapitulasi DPHP DPS tingkat kecamatan ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2022 dan Keputusan KPU Nomor 27 Tahun 2023 tentang pedoman teknis penyelesaian daftar pemilih di dalam negeri.
Dalam rekapitulasi tersebut DPHP DPS bertujuan untuk memberi kesempatan peserta rapat dalam hal menyampaikan masukan dan tanggapan untuk memperbaiki data diri, menghapus data yang tidak memenuhi syarat (TMS), memasukkan pemilih yang memenuhi syarat namun belum terdaftar, dan menyampaikan bentuk penyandang disabilitas pemilih untuk memudahkan pelayanan pada hari pemungutan suara.
Anggota Panwascam Sungayang Refialdi dan Edison juga memberikan masukan kepada PPK berupa perbaikan data pemilih ganda dan TMS di beberapa TPS.

Foto bersama peserta rapat pleno terbuka DPSHP tingkat PPK Sungayang

Setelah rapat pleno Ketua PPK Sungayang memberikan perpisahan Berita Acara Pleno beserta hubungannya dengan Panwaslu Kecamatan Sungayang, camat dan Muspika, serta perwakilan Partai Politik yang hadir. (reli)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *