Partomat Adakan Upacara Bendera di Puncak Data Kecamatan Baso, Kabupaten Agam

BUKITTINGGI — Keluarga besar Pertemanan Tokoh masyarakat (PARTOMAT) Bukittinggi – Agam melakukan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI yang Ke 78 di Puncak Data, Kecamatan Baso Kabupaten Agam, Kamis (17/8/2023)

Pada upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara, Drs Yon Afrizal M.Pd. Sementara Komandan Upacara dipimpin, Indra Zepri serta peserta upacara dihadiri sebanyak 60 orang anggota Partomat Bukittinggi-Agam

Upacara yang dilakukan terasa berbeda dari upacara biasanya, selain di adakan di taman wisata Puncak Data, yang uniknya, pakaian yang dipakai hanya pakaian Organisasi Partomat dan disaat pembacaan detik-detik Proklamasi, masyarakat sekitar juga ikut menyaksikan upacara tersebut

Suasana upacara tak jauh berbeda dengan upacara formal yang dilakukan pemerintah. Upacara ini juga menggunakan komandan upacara serta inspektur upacara.

Rangkaian upacara pun juga dilakukan seperti upacara umumnya, hanya saja dari pakaian yang digunakan peserta upacara memakai uniform organisasi Partomat, serta dengan memakai ikat kepala bendera Merah Putih

Menjelang detik-detik proklamasi, masyarakat setempat ikut bergabung meski demikian, prosesi pengibaran bendera merah putih ini tetap tampak khidmat.

Ketua Partomat, Ibentaro Samudra dan Sekretaris Partomat, M. Hidayat selaku penanggungjawab acara yang di wakili oleh Bidang Humas Partomat Tasmon mengatakan, upacara peringatan HUT RI ke 78 ini sengaja kita adakan di Puncak Data ini, walau baru pertama kali kita lakukan, namun ada yang istimewa dalam Upacara ini, yaitu bertepatan pula dengan hari ulang tahun Pembina Upacara.

Walaupun tidak semua anggota Partomat yang hadir, namun peserta tetap bersyukur karena masih bisa melaksanakannya di tahun ini.

“Insya Allah kedepannya kita akan lebih aktif lagi dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosial,”

“Intinya, upacara ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, mengingatkan kembali pengorbanan para pahlawan kemerdekaan RI.serta mengisi kemerdekaan dengan peran serta masyarakat untuk membangun bangsa, serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kemerdekaan didalam bermasyarakat,” jelas Tasmon

Setelah upacara, kegiatan di lanjutkan dengan hiburan seperti lomba pacu karung, lomba membawa kelerang dalam sendok dan nyanyi bersama.acara tersebut ditutup dengan Doa dan makan bersama. (dyt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *