Pemerintah Bakal Bangun 56 Sabo Dam di Aliran Sungai Gunung Marapi

TANAHDATAR, Bacalahnews – Pemerintah Pusat akan membangun 56 di aliran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi dan Gunung Singgalang. Pembangunan itu akan dilaksanakan dalam masa tiga tahun.
Hal ini disampaikan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra V Padang M Dian Al Maruf kepada Bupati Eka Putra, di Indojolito Batusangkar, Rabu (5/6/2024).
“Dari 56 Sabo Dam, 40 diantaranya berada di Tanah Datar karena memang banyak hulu sungai di wilayah ini, dan untuk tahun 2024 akan mulai dibangun 6 sampai 8 Sabo Dam yang disesuaikan hasil investigasi tim di lapangan, sisanya akan dilakukan di tahun 2025 dan 2026,” kata Dian.
Ia menyebut Pemerintah saat ini telah memiliki anggaran untuk pembangunan Sabo Dam yang nantinya bermanfaat untuk menahan dan mengurangi kecepatan aliran air ataupun lahar yang membawa material, sehingga bisa meminimalisir resiko bencana banjir.
“Untuk pembangunan Sabo Dam telah dianggarkan Rp25 miliar per unitnya, sehingga untuk 6 sampai 8 Sabo Dam yang bakal dibangun tahun ini menelan biaya Rp150 sampai Rp200 miliar,” ujar Dian.
Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan terima kasih atas rencana pembangunan Sabo Dam di aliran sungai di wilayah Tanah Datar.
“Melihat dampak dan potensi bencana beberapa waktu lalu, Sabo Dam sangat dibutuhkan agar bencana seperti kemarin tidak terjadi lagi,” kata Eka.
Bahkan, pihaknya telah membentuk Tim Ekspedisi Batang Sigarungguang guna membersihkan material di aliran sungai tersebut. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *