Pemkab Padang Pariaman Bantu Korban Musibah Bencana Alam di Tanah Datar

TANAHDATAR, Bacalahnews – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir dan longsor di wilayah .
Bantuan itu diserahkan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan diterima Bupati Tanah Datar Eka Putra di Indojolito Batusangkar, Senin (27/5/2024).
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan masyarakat Tanah Datar hendaknya dapat kembali bangkit pasca musibah yang melanda 13 nagari di enam kecamatan tersebut.
“Memang butuh dukungan semua pihak untuk bisa kembali bangkit dan masyarakat Tanah Datar akan bisa bangkit kembali,” harap Suhatri.
Ia menyebut Pemkab Padang Pariaman menyerahkan bantuan sebesar Rp100 juta, pakaian baru senilai Rp20 juta, santunan langsung kepada masyarakat dengan total Rp20 juta dan bantuan lainnya.
Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Pemkab Padang Pariaman.
Bupati menyampaikan, disamping korban meninggal dunia mencapai 32 orang dan masih ada korban hilang sebanyak 10 orang.
“Saat ini tim gabungan terus berusaha mencari korban yang masih hilang disamping juga melakukan normalisasi aliran sungai, dengan begitu aliran air lancar sehingga ketika debit air meningkat, air akan mengalir dengan lancar,” tutur Eka.
“Pemkab akan memasang Early Warning System yang merupakan alat peringatan dini berupa sirine, kemudian membangun Sabo Dam, dan juga meledakkan batu besar yang menjadi penghambat di hulu serta relokasi rumah penduduk di zona merah ke lokasi yang lebih aman,” ucap Eka. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *