Pemkab Tanah Datar Raih 12 Kali Opini WTP Atas LHP Keuangan Daerah

TANAHDATAR, Bacalahnews – kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-12 secara berturut-turut bahkan Pemkab pertama di Provinsi Sumatera Barat.
Bupati Eka Putra menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023 dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat di Kantor BPKP Sumbar, Kamis (25/4/2024).
Kepala BPKP Sumbar Arif Agus usai penyerahan LHP LKPD tersebut menyampaikan bahwa Pemkab Tanah Datar merupakan yang pertama diserahkan dan itu juga mendapat opini WTP dan sudah yang ke-12 kalinya berturut-turut.
‚ÄúDari hasil pemeriksaan tim BPK, bahwa Kabupaten Tanah Datar mendapat point 85 dan itu sudah yang paling tinggi di Sumatera Barat, dan target kami diangka 85 ini,” ucap Arif.
Ia mengharapkan Pemkab Tanah Datar tidak berpuas diri sampai disitu namun ditingkatkan lagi karena masih ada sekitarnya 15 persen capaian yang harus dikejar.
Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyampaikan bahwa penghargaan ini menunjukkan Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar serius dan selalu siap bekerja sama dengan BPK RI dan DPRD juga selalu mengawasi penggunaan keuangan daerah, termasuk internal.
Anton menyebut pihaknya tegas dalam aturan pengunaan anggaran di DPRD, jika ingin lebih baik Pemkabnya baik begitu juga DPRDnya karena ini harus sejalan.
Bupati Tanah Datar Eka Putra bertekat di tahun ini Tanah Datar sebagai kabupaten tercepat tahun depan tercepat dari kabupaten dan kota di Sumatera Barat. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *