Pemkab Tanah Datar, Sarolangun, dan Bungo Kerjasama Bidang Pertanian

– Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama Pemkab Sarolagun dan Pemkab Bungo, Provinsi Jambi menjalin kerjasama di bidang .

Penandatangan perjanjian kerjasama ini dilakukan Bupati Tanah Datar Eka Putra, Pj. Bupati Sarolangun, Henrizal, dan Bupati Bungo Masruri, di Aula Kantor Bupati Tanah Datar, Jumat (4/11/2022).

Bupati Eka Putra mengatakan daerah Tanah Datar memiliki potensi yang luar biasa di sektor pertanian.

“Di bidang Tanah Datar memiliki potensi komoditas Cabe, Bawang, Tomat dan tiga tanaman ini mengantarkan Tanah Datar menjadi TPID terbaik di Sumatera pada 2021,” ucap Eka.

Eka mengharapkan kerja sama dengan Pemkab Sarolangun dan Pemkab Bungo dapat dilanjutkan dengan bidang seperti kepariwisataan.

“Kita berharap kerja sama bidang lainnya seperti pariwisata, karena Tanah Datar memiliki 152 destinasi wisata yang dapat dikunjungi,” tutur Eka.

Sementara itu, Pj. Bupati Sarolagun Henrizal menyebut kerja sama tersebut dilakukan karena Kabupaten Sarolagun merupakan daerah pertambangan sehingga minim tanaman hortikultura.

“Daerah Sarolangun minim tanaman hortikultura sayuran, cabe, tomat, sehingga sangat bergantung pada daerah tetangga termasuk Sumbar,” tutur Henrizal.

Henrizal masyarakat mengharapkan Pemkab Tanah Datar dapat membantu Pemkab Sarolangun dalam penyediaan kebutuhan pangan baginya. Hal senada juga disampaikan Bupati Bungo Masruri.

Ia berharap kerja sama tersebut dapat memberi keuntungan antar kedua daerah.

“Mudah-mudahan kerja sama ini saling menguntungkan, OPD terkait saling membuka diri hingga apa yang jadi masalah dapat diselesaikan bersama-sama, ini kebersamaan,” kata Masruri.

“Harapannya saat kami membutuhkan komoditas tanaman hortikultura dan Tanah Datar dapat menyanggupi, sehingga kami tidak memperoleh harga yang tinggi di pasaran,” tutur Henrizal.

Ikut menyaksikan penandatangan MoU tersebut Sekretaris Daerah Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, para Asisten, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tanah Datar dan undangan lainnya. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *