Pemkab Tanah Datar Serahkan Bantuan Erupsi Gunung Marapi

TANAHDATAR, Bacalahnews – Pemerintah Kabupaten menyerahkan bantuan erupsi Gunung Marapi kepada 3.540 kepala keluarga (KK) yang tersebar di empat kecamatan terdampak yakni X Koto, Batipuh, Limo Kaum dan Sungai Tarab.
Bantuan yang diserahkan tersebut berupa uang tunai senilai Rp700 ribu dan bantuan beras sebanyak 4,5 kilogram yang diserahkan secara simbolis di dua kecamatan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Senin (25/3/2024).
Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Sri Mulyani menjelaskan Bantuan diberikan kepada petani yang gagal panen akibat terdampak Erupsi Gunung Marapi untuk sektor pertanian berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Beras.
“Bantuan akan diserahkan untuk empat kecamatan diantaranya Kecamatan X Koto sebanyak 59.364 Kg untuk 3.129 KK (13.192 jiwa), Kecamatan Batipuh sebanyak 9.490,5 Kg untuk 406 KK petani (2.109 jiwa) dan Kecamatan Lima Kaum sebanyak 67,5 Kg untuk 3 KK petani (15 jiwa) serta Kecamatan Sungai Tarab sebanyak 49,5 Kg untuk 2 KK petani (11 jiwa) yang mana satu petani memperoleh bantuan sebanyak 4,5 kg/jiwa diserahkan secara simbolis akan diserahkan untuk Kecamatan Batipuh dan Kecamatan X Koto,” jelas Sri.
Semenatara itu, Bupati Eka Putra mengatakan penyerahan BLT dan Bantuan Pangan Beras ini diharapkan dapat membantu meringankan beban pengeluaran sehari-hari akibat dampak bencana alam.
“Semoga bantuan yang diberikan berupa penyaluran bantuan pangan beras ini juga bertujuan untuk pengendalian inflasi beras dan mendukung penstabilan harga beras di tingkat konsumen. Penyaluran bantuan pangan mempunyai dampak di sisi hulu, petani akan mendapat harga jual sedangkan di hilir masyarakat yang membutuhkan bahan pangan beras akan terpenuhi,” kata Eka. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *