Pemkab Tanah Datar Serahkan LKPD ke BPK Perwakilan Sumbar

TANAHDATAR, Bacalahnews – Pemerintah Kabupaten , menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat.
Penyerahan LKPD Tahun 2023 oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra kepada Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Sumbar Arif Agus, pada Selasa (27/2/2024) di Kantor BPK Perwakilan Sumbar di Padang ini merupakan yang pertama di Provinsi Sumatera Barat.
Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran BPKP Sumbar termasuk tim yang telah berkenan menerima dan menjadwalkan pertemuan sehingga pihaknya dapat menyerahkan LKPD tahun 2023, termasuk tim yang melakukan pemeriksaan terhadap Kabupaten Tanah Datar.
“Pemeriksaan pendahuluan telah berjalan dengan lancar, tentu ini tidak terlepas dari kerja keras Kepala BKD beserta jajaran, dan seluruh SKPD yang ada di lingkup Pemkab Tanah Datar,” tutur Eka.
Bupati menyampaikan LKPD tahun 2023 disusun dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan bidang keuangan dan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, yang dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Informasi.
“Ini menunjukan komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah kepada masyarakat maupun entitas lainnya,” ujar Eka.
Selanjutnya, laporan tersebut disampaikan kepada BPK Perwakilan Sumatera Barat, untuk digunakan sebagai media dalam menilai kewajaran penyajian dan kinerja PemerintahTanah Datar.
“Semoga komitmen kami untuk memperoleh opini yang terbaik dapat tercapai hendaknya,” harap Eka.
Sementara itu, Kepala Perwakilan Arif Agus menyampaikan bahwa penyerahan LKPD Tahun 2023 Pemkab Tanah Datar sesuai amanat Undang- Undang Nomor 17 Tahun 2003. Kabupaten Tanah Datar merupakan pertama menyerahkan LKPD tahun 2023 dari kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Barat.
“Semoga penyerahan LKPD tahun 2023 oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar ini menjadi contoh dan motivasi bagi daerah lainnya di Provinsi Sumatera,” tutur Arif.
Ia menyampaikan sesuai amanat Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, laporan keuangan disampaikan kepada BPK untuk dilakukan pemeriksaan paling lambat tiga bulan setelah tahun berakhir.
Secara khusus, Arif juga memuji kesungguhan dan keseriusan Bupati Eka Putra beserta segenap jajaran Pemkab Tanah Datar dalam menyelenggarakan pemerintahan yang tercermin dari cepatnya penyelesaian LKPD, sesuai acuan yang telah ditetapkan.
“Sebelum menerima LKPD ini, BPK Perwakilan Sumbar sudah melakukan pemeriksaan awal selama satu bulan. Berkat langkah kooperatif semua pihak di lingkungan Pemkab Tanah Datar, tugas tim kami berjalan dengan lancar dan semua data yang diperlukan untuk bahan pemeriksaan dengan mudah bisa didapat dan diakses oleh anggota tim dari SKPD terkait,” tutur Arif.
Ia mengatakan Kabupaten Tanah Datar skor tindak lanjut rekomendasi per semester II tahun 2023 atau akhir Desember lalu sebesar 83 persen dan ini termasuk nilai yang cukup bagus.
“Mudah-mudahan ke depannya dapat di tingkatkan dan semoga mendapatkan hasil sesuai harapan dengan opini WTP kembali,” ucap Arif. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *