Pemkab Tanah Datar Terus Ciptakan Usahawan Baru dan Lapangan Kerja

TANAHDATAR, Bacalahnews – Pemerintah Kabupaten terus mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah atau wirausaha baru dari berbagai sektor.
Penciptaan dan pengembangan wirausaha baru tersebut harus terus digalakkan agar ekonomi masyarakat di Tanah Datar terus bertumbuh. Karena memang menciptakan wirausaha baru merupakan salah satu program unggulan pemerintah daerah.
Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Tanah Datar, Adriyanti Rustam mengatakan ada dua indikator yang dirumuskan dalam road map pelaksanaan progul menciptakan usahawan baru dalam Perbup Nomor 22 tahun 2022.
“Indikator jumlah usahawan baru yang difasilitasi pemerintah daerah dan jumlah usahawan baru yang tercipta dari yang di fasilitasi tersebut,” kata Adriyanti di Pagaruyung, Senin (22/4/2024).
Untuk indikator usahawan baru yang difasilitasi Pemkab bisa melalui pelatihan, bantuan bibit, bantuan modal usaha. Sedangkan indikator jumlah usahawan baru yang tercipta adalah diukur dari yang sudah memulai usaha setelah mereka dibekali melalui berbagai pelatihan, pendampingan dan bantuan sehingga fasilitasi yang dilakukan pemda tersebut dinilai berhasil.
“Karena belum tentu dari sekian usahawan yang difasilitasi pemerintah semuanya sukses menjadi pengusaha,” kata Adriyanti.
Ia menjelaskan untuk target calon usahawan baru yang difasilitasi Pemkab pada 2023 ditargetkan sebanyak 5.045 orang. Adapun jumlah yang tercapai dari target tersebut sebanyak 3.368 orang atau 66,76 persen.
Sementara untuk jumlah usahawan baru yang tercipta, Pemkab menargetkan sebanyak 988 orang dan terealisasi sebanyak 543 orang.
“Secara target mungkin tidak mencapai 100 persen, namun dari sebanyak 3.368 usahawan yang sudah difasilitasi Pemkab pada 2023, terdapat penambahan usahawan baru 543 orang yang terserap pada berbagai bidang usaha di Tanah Datar,” kata Adriyanti. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *