Pemnag Tanjung Sungayang Luncurkan Simponi di Ujung Jari

TANAHDATAR, Bacalahnews – Pemerintah Nagari Tanjuang, Kecamatan Sungayang meluncurkan progam Sistim Informasi dan Pelayanan oleh Nagari (SIMPONI) di Ujung Jari.
Program ini diresmikan Bupati Eka Putra, Kamis (2/5/2024) di Halaman Kantor Wali Nagari Tanjung yang turut dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Khairul Abdi, Kadis Kominfo Yusrizal, Kadis PMDPPKB Abdurahman Hadi, Camat Sungayang Narti, bersama Forkopimca Sungayang, Ketua FKWN, beberapa Wali Nagari di Tanah Datar, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.
Wali Nagari Tanjuang Ridwan Amri menyampaikan peluncuran program Simponi di Ujung Jari untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Nagari Tanjuang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
“Dengan program ini akan diberikan kemudahan akses data, pengelolaan data yang efisien, pemantauan perkembangan seluruh sendi kebutuhan masyarakat dengan mengedepankan prinsip efesien, efektif dan transparan,” tutur Ridwan.
Ia menyebut program Simponi di Ujung Jari menjadi salah satu aspek penting dalam upaya menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel.
“Dalam program Simponi ini kita menyediakan data yang terus diperbaharui yang nantinya dimanfaatkan untuk proses pengambilan keputusan dalam pengelolaan nagari,” jelas Ridwan.
Ia mengharapkan selain mempermudah segala kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan pelayanan, program Simponi juga menjadi ikon Nagari Tanjuang yang nantinya juga bisa diadopsi nagari lainnya di Tanah Datar.
Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan apresiasi atas program inovasi yang digagas Nagari Tanjuang.
“Program inovasi ini memberikan bukti Pemerintah Nagari Tanjung memiliki tekad dan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya, terutama dibidang informasi dan pelayanan,” ucap Eka.
Bupati menyebut program Simponi diharapkan mampu bersinergi dengan Program Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dengan memberikan informasi dan data yang terukur dan akurat.
“Diharapkan dalam program Simponi juga menyediakan data dan informasi mendukung program unggulan Pemkab, seperti berapa Hafiz/hafizah, berapa peserta BPJS ataupun tak punya BPJS, berapa yang sudah menikmati program Bajak Sawah Gratis, bahkan informasi tentang Program Satu Nagari Satu Event,” ucap Eka.
Bupati mengingatkan dengan Program Simponi tidak ada masyarakat yang tidak terlayani berobat karena tidak punya uang atau BPJS, tidak ada anak-anak yang putus sekolah karena ketiadaan biaya dan lain sebagainya. (fantau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *