Pengurus DPP PEKAT IB Dilantik, Abah Anton Charliyan: Revolusi Mental Seluruh Kader Jadi Prioritas

SURABAYA – Mantan Kadiv Humas Polri Irjen Pol (Purn) DR. H Anton Charliyan, MPKN selaku Ketua Wanhat PEKAT IB (Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu) melantik kepengurusan baru Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terpilih periode tahun 2023-2026.

Aga Khan, SH., MH terpilih sebagai Ketua Umum PEKAT IB sementara Sekjen dijabat Milano, SH., MH dan Bendahara Umum dipercayakan kepada Steven Abauw. Pada kesempatan yang sama juga dilantik Ketua Srikandi PEKAT Aiko.

Penutupan Rapimnas PEKAT IB yang dilanjutkan kegiatan Munaslub tersebut berlangsung di Grand Empire Hotel, Jumat (3/3/2023).

Dalam giat Rapimnas dan Munaslub tersebut Anton yang kini dikenal dengan sapaan Abah Anton mengambil sumpah kepada Pengurus terpilih serta menyerahkan bendera sebagai Pataka Kebesaran PEKAT IB yang diterima Ketum Baru Aga Khan dengan harapan dapat dikibarkan ke seluruh Indonesia demi kejayaan organisasi dan NKRI.

Anton yang dijuluki sebagai Bapak Asuhnya Ormas, LSM, dan Penggiat Budaya di Nusantara ini berpesan khususnya kepada seluruh anggota Rapimnas yang dihadiri oleh lebih dari 20 Pengurus Propinsi/ DPW se Indonesia itu mengatakan dengan banyaknya peristiwa yang yang bersifat kekerasan serta sikap-sikap arogansi, seperti kasus Sambo, Mario, pembunuhan berantai Sukabumi dan lainnya menjadi sebuah perenungan sikap introspeksi bagi seluruh kader anggota PEKAT IB.

“Jika organisasi ini ingin sukses, maka harus kembali introspeksi diri dan melakukan ‘Revolusi Mental’ dengan sungguh-sungguh dan bukan hanya sebatas slogan belaka. Buang sikap individualistis, egosentris ke-AKU-an. Dari sikap inilah Aku, menjadi Siapa Dia???. Dari inilah KAMI menjadi inilah KITA sebagai satu ikatan, karena kekuatan itu sesungguhnya ada dalam kebersamaan, sesuai dengan jati diri PEKAT IB sebagai pembela kesatuan tanah air yang mengedepankan nasionalisme, persatuan kesatuan dan kebersamaan, sehingga Ormas ini bisa menjadi suatu komunitas yang militan dan disiplin, yang mendapat kepercayaan yang tinggi dari internal anggota, masyarakat, Bangsa dan Negara, sebagai salah satu kunci utama keberhasilan organisasi,” ungkap Anton yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina DPP Pemerhati Jurnalis Siber (PJS).

Di penghujung acara Anton berkesempatan memberi reward khusus berupa medali dan tanda jasa terutama kepada Ketua Umum lama Alm Markoni Koto, SH dan Pengurus Pusat yang baru dilantik.

Bersamaan dengan acara tersebut dilantik juga kepengurusan PEKAT IB Provinsi Jawa Timur yang di pimpin Rahmat Santoso sebagai Ketua terpilih yang dalam jabatannya sehari-harinya merupakan Wakil Bupati Blitar.

Hadir dalam acara itu Mayjen TNI Purn Yudi yang mewakili Kepala Staf Presiden, Ibnu Sutomo Ketua Dewan Pembina, Perwakilan Kapolda Jatim, yang mewakili Gubernur Kakesbang Jatim Eddy yang menyempatkan diri memberi sambutan atas nama Gubernur.

Gubernur melalui Kepala Kesbangpol mengharapkan agar PEKAT IB bisa bersinergi dengan Pemda Jatim untuk sama-sama menciptakan rasa aman di masyarakat terutama menjelang tahun politik 2024. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *