Perguruan Taduang Bangkeh Batipuh Gelar Kejuaraan Pencak Silat

Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh Tanah Datar menggelar Kejuaraan Pencak Silat dan Silaturahmi di Aula Kantor Camat Batipuh, Minggu (11/6/2023).
Acara Kejuaraan Pencak Silat dan Silaturahmi ini diikuti sebanyak 60 peserta yang berasal dari Kabupaten Tanah Datar, Kota Padang Panjang, dan Kota Bukittinggi.
Staf Ahli Bupati Tanah Datar Erizanur membuka acara tersebut dan dihadiri Ketua KONI Tanah Datar Novitra Kemala, Camat Batipuh Abdi Hardifala dan perantau Batipuh Uwan Sutan Marajo dan pimpinan Perguruan Silat dan Tuo Silek Batipuh.
Ketua Perguruan Silek Taduang Bangkeh Batipuh Mustafa Akmal Datuk Sidi Ali menyampaikan kejuaraan ini disamping silaturahmi antar perguruan, juga untuk menambah pengalaman dalam melaksanakan event kejuaraan.
Sebelumnya, Perguruan Silek Taduang Bangkeh Batipuh pernah mengikuti kejuaraan pencak silat baik tingkat Provinsi Sumbar maupun nasional, bahkan juga pernah diundang ke Negara Malaysia.
“Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana dan perguruan silat, yang telah ikut ambil bagian dalam kejuaraan, dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang,” tutur Mustafa.

Didukung KONI Tanah Datar

Ketua KONI Tanah Datar Novitra Kemala mengungkapkan dengan gembira kepada Perguruan Silek Taduang Bangkeh Batipuh yang mampu mengangkat juara ini.
Ia mengharapkan kejuaraan ini mampu melahirkan atlet pencak silat yang berprestasi sampai tingkat nasional bahkan dunia.
KONI Tanah Datar selalu memantau kegiatan yang dilakukan Perguruan Silat Taduang Bangkeh dimana mampu mengembangkan bakat dan minat generasi muda di cabang olahraga Silat.
“Dengan adanya pertandingan ini kemungkinan dapat melahirkan pesilat baru yang nantinya dapat mengharumkan nama daerah Tanah Datar,” tutur Novitra.
Ia juga berharap untuk ajang Porprov yang rencananya akan diadakan pada September 2023, ada pesilat dari perguruan tinggi ini tampil mewakili Tanah Datar.

Pemkab Dorong Peningkatan Prestasi
Staf Ahli Bupati Tanah Datar Erizanur menyampaikan apresiasi pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat Silaturahmi Perguruan Silat Taduang Bangkeh se-Tanah Datar, Padang Panjang dan Bukittinggi.
Ia menyebut kejuaraan ini sebagai salah satu indikator berjalannya pembinaan dan pelatihan, yang dilakukan perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh.
“Ajang ini dapat dijadikan sarana konsolidasi, peningkatan prestasi para atlet silat terkhusus di Kecamatan Batipuh dan umumnya Tanah Datar, Padang Panjang dan Bukittinggi. Silat, merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat diminati dan juga peluang emas bagi Tanar Datar,” tutur Erizanur.
Ia mengatakan event ini juga bertujuan untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan, serta menggali potensi atlet-atlet berbakat, yang dapat diproyeksikan ke event yang lebih tinggi dan lebih bergengsi lainnya, baik di tingkat Tanah Datar, Provinsi maupun Nasional dan akhirnya melahirkan sang juara.
“Seluruh peserta agar memelihara jiwa sportifitas, sehingga menghargai dan mengakui keunggulan lawan, serta menyadari dan menerima kekalahan dalam pertandingan,” tutur Erizanur.
Ia mengharapkan bagi peserta yang menjadi juara agar tidak memiliki jiwa yang angkuh, dan jangan menganggap remeh lawan yang kalah, sebab mempertahankan kemenangan jauh lebih sulit dari perjuangan meraih kemenangan. (tau)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *