Program Studi Aktuaria Universitas Tamansiswa Padang Selenggarakan Workshop Forecasting Dan Analisis Data Menggunakan Arima

PADANG – program studi Aktuaria Universitas Tamansiswa Padang telah melaksanakan program workshop dengan tema model peramalan (Forecasting Dan Analisis Data Menggunakan Arima) yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Kegiatan workshop ini guna menyeimbangkan pengetahuan mahasiswa dari perguruan tinggi (teori) dengan merealisasikan dikehidupan nyata (praktek), beranjak dari hal itu, maka prodi Aktuaria Unitas Padang gelar workshop di Aula Prof. Dr. Haryono Suyono Universitas Tamansiswa Padang tersebut berlangsung sukses, Sabtu (27/01/2024).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber terkemuka di bidangnya yaitu Ibu Siska Resti. S, S.Pdi, M.Si selaku konsultan keuangan sekaligus dosen Aktuaria Unitas Padang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh rektor Universitas Tamansiswa Padang Pro. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS, ketua program studi Aktuaria Unitas Padang Melvi Muchlihan, S.Pd, M.Si beserta jajaran dosen Aktuaria fakultas sains teknologi dan pendidikan.

Rektor Unitas Padang Irfan Suliansyah kepada awak media mengatakan, bahwa mendukung penuh kegiatan workshop dan pelatihan seperti ini.

“Kegiatan workshop Aktuaria ini adalah rangkaian program-program nyata dengan data, dengan itu saya sangat menyambut dengan gembira karena dapat direalisasikan oleh program studi Aktuaria di Unitas Padang ini,” ujar Irfan.

“Bentuk dukungan penuh oleh rektorat selalu pasti dalam kegiatan workshop dan pelatihan seperti ini yang direalisasikan secara reguler, Alhamdulillah saya sangat apresiasi mahasiswa Aktuaria yang antusias mengikuti penuh kegiatan ini, saya lihat tadi materinya juga sangat menarik,” tutup Irfan.

Ketua prodi Aktuaria Unitas Padang Melvi Muchlihan juga mengatakan kepada awak media semangat dan antusias mahasiswa dalam mengikuti workshop ini.

“Mahasiswa kita prodi Aktuaria sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini, bahkan mahasiswa yang mengikuti melebihi dari kuota 30 orang yang ditetapkan sebelumnya, dan workshop ini juga diikuti oleh dosen dan peneliti,” ucap Melvi.

Dalam pemaparannya narasumber Siska Resti menyampaikan bahwasanya workshop ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman yang mengikutinya.

“Kita berharap target dan tujuan dari workshop ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa, peneliti serta dosen dilingkup Unitas Padang tentang model statistika dalam mengolah data penelitian, salah satunya adalah peramalan data sehingga dapat diaplikasikan dalam mengolah data penelitian,” ucap Siska.”

Dari aspek skill kita juga mempertimbangkan software statistik yaitu e-views untuk pengolahan data sehingga mahasiswa, peneliti dan dosen dapat memiliki kapasitas mengaplikasikan suatu data karena rata rata sudah banyak peneliti-peneliti saat ini yang menggunakan modal peramalan dengan e-views dan kita saat ini prodi Aktuaria mengikuti trend yang ada,” tutup Siska. (JAM UNITAS MF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *